3 Tips Google untuk Lansia Supaya Aman Berselancar di Internet

Rabu, Februari 16, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

3 tips Google untuk lansia supaya aman berselancar di internet (Foto: Google Indonesia)


JAKARTA - Google Indonesia punya beberapa tips untuk membantu oang lanjut usia supaya aman berselancar di internet, mengingat mereka mungkin baru atau belum cukup mengenal teknologi saat ini.

Pertama, memperlihatkan lebih bagus daripada sekadar penjelasan verbal. Ajak orang tua bicara tentang pengalaman mereka dengan teknologi, lalu coba perlihatkan cara menggunakan aplikasi atau melakukan proses yang mungkin asing atau membingungkan.

"Biarkan mereka bereksperimen online dengan dukungan dan pendampingan Anda," kata Google Indonesia melalui keterangannya dikutip pada Rabu (16/2/2022).

Lebih lanjut, tunjukkan cara melindungi akun online mereka sendiri. Buat sandi yang kuat, coba gunakan kalimat yang mudah diingat, dan ambil huruf pertama dari setiap kata dengan huruf kecil atau besar yang sesuai. Jika mungkin, ganti huruf dengan angka atau simbol.

Lalu, jangan gunakan sandi yang sama untuk banyak platform. Gunakan alat pengelola sandi seperti passwords.google.com untuk membuat dan menyimpan sandi yang kuat.

Kedua, jadilah sumber informasi bagi mereka. Informasi salah yang disajikan dengan rapi, atau disebarkan ulang secara luas, akan mudah dipercaya orang – terutama mereka yang tidak akrab dengan internet.

Dorong orang tua untuk mengecek lagi kebenaran informasi yang mereka temui dengan bertanya kepada orang lain yang mereka percaya.

Ingatkan mereka untuk berhati-hati dalam membagikan segala sesuatu. Sebaiknya jangan memposting informasi pribadi, seperti nama lengkap dan alamat email di forum publik atau ruang online.

Lebih lanjut, jangan bagikan informasi rekening bank, PIN, atau sandi. Anda hanya boleh mengetikkan informasi ini di situs web terpercaya yang Anda kenal dan akses langsung.





Sumber : okezone.com

0 comments: