5 Bandara Terbesar di Indonesia, Nomor Terakhir Banyak Spot Instagramable

Senin, Februari 14, 2022 Majalah Holiday 0 Comments



INDONESIA memiliki 298 bandara dengan layanan penerbangan domestik maupun internasional. Tapi, beberapa di antaranya tergolong sebagai bandara terbesar di Tanah Air.

Bandara menjadi pintu masuk orang maupun barang di berbagai wilayah. Akses penerbangan di Indonesia kini sudah terjangkau hingga 34 provinsi. Saban hari, bandara sibuk melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang maupun logistik.

Penasaran dengan 5 bandara terbesar di Indonesia? Berikut ulasannya :

1. Bandara Internasional Soekarno Hatta

Bandara Soekarno Hatta (Soetta) di Cengkareng, Tangerang, Banten adalah bandara terbesar di Indonesia. Bandara ini memiliki 3 terminal untuk melayani penerbangan baik domestik maupun internasional. Bandara yang diambil dari nama tokoh proklamator ini mulai beroperasi pada 1986.

Ilustrasi

Bandara Soetta (Okezone.com/Dimas)

Rencananya, bandara Soekarno Hatta akan membangun terminal 4. Dengan adanya terminal tersebut, bandara Soekarno Hatta akan menjadi bandara terbesar di Asia Tenggara.

2. Bandara Internasional Kertajati 

Bandara Kertajati dibangun di atas lahan seluas 1.800 hektar. Bandara yang digagas sejak 2003 sebagai solusi kepadatan Bandara Husein Sastranegara di Bandung ini akhirnya diresmikan pada 2018 lalu. Bandara terbesar di Indonesia ini sempat menuai pro dan kontra karena letaknya yang berada di Majalengka.

 Ilustrasi

Bandara Kertajati (Kemenag)

3. Bandara Hang Nadim

Bandara terbesar di Indonesia posisi ketiga diduduki oleh Bandara Hang Nadim. Bandara dengan taraf internasional ini berada di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Nama bandara Hang Nadim diambil dari seorang laksamana terkenal dari kesultanan Malaka bernama Hang Nadim.

Bandara ini diresmikan pada Jumat, 1 Februari 1985 dengan melayani penerbangan domestik saja. Namun, setelah 5 tahun beroperasi atau tepatnya pada Jumat, 5 Januari 1990, dibuka penerbangan internasional dan 5 tahun setelahnya yakni pada Selasa, 3 Januari 1995, Presiden Republik Indonesia kedua Bapak Soeharto meresmikan bandara ini sebagai bandara internasional dengan nama Bandara Internasional Hang Nadim.

4. Bandara Internasional Kualanamu

Kualanamu menjadi salah satu bandara tersibuk di Indonesia. Pasalnya bandara ini melayani 10.5 juta orang dengan kapasitas penumpang mencapai 8 juta orang per tahun pada 2018. Nama Bandara Kualanamu diambil dari kota lokasinya yakni Desa Kualanamu, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara.

Diketahui bahwa bandara ini dibangun pemerintah untuk menggantikan Bandara Polonia yang berada di tengah Kota Medan. Bandara Kualanamu memiliki luas sekitar 1.369 hektar, sehingga tak heran jika Bandara Kualanamu menjadi salah satu bandara terbesar di Indonesia.

5. New Yogyakarta International Airport

Bandara ini menggantikan Bandara Adisutjipto di Yogyakarta karena kapasitas yang hanya mampu menampung 1.6 juta penumpang. Sedangkan saat ini, Yogyakarta International Airport berkapasitas 14 juta orang per tahun. Bandara ini baru dibuka pada 2019.

Bandara ini memiliki panjang landasan pacu 3.250 x 45 meter. Bandara ini juga sangat mengusung tema kearifan lokal sehingga pengunjung akan termanjakan dengan pemandangan indah khas Yogyakarta seperti ornamen batik, nuansa jalan Malioboro, dan Taman Sari.

Bukan sekadar bandara, NYIA juga menjadi tempat wisata karena punya banyak spot-spot Instagramable.

Sumber : okezone

0 comments: