5 Cara Alami Basmi Nyamuk di Rumah

Senin, Februari 14, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Musim hujan kerap menjadi pertanda nyamuk-nyamuk mulai bermunculan. Berikut lima cara basmi nyamuk di rumah dengan bahan alami. (iStockphoto/Noppharat05081977)

Jakarta, CNN Indonesia -- Musim hujan kerap menjadi pertanda nyamuk-nyamuk mulai bermunculan. Berikut cara basmi nyamuk di rumah.

Selain ancaman pandemi Covid-19, Anda juga mesti waspada dengan ancaman demam berdarah dengue (DBD) dan malaria yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

Untuk saat ini produk-produk antinyamuk bakal masuk keranjang belanja. Namun akan lebih baik jika Anda mempertimbangkan beberapa bahan alami untuk membasmi nyamuk.


Selain lebih murah, bahan alami pun lebih aman dan tak kalah efektif mengusir nyamuk.

Berikut cara basmi nyamuk di rumah dengan bahan-bahan alami.

1. Daun serai
Salah satu bahan alami terbaik untuk mengusir nyamuk adalah daun serai. Bumbu dapur satu ini sebenarnya tidak asing untuk masakan Asia juga Indonesia. Aromanya yang khas rupanya tidak disukai nyamuk.

Sebagaimana dilansir Medical News Today, studi pada 2015 menemukan kombinasi minyak serai dan minyak zaitun memberikan perlindungan 98,8 persen terhadap nyamuk.

Riset lain menyebut minyak serai juga bisa digunakan secara topikal (dioles pada kulit) dan memberikan perlindungan penuh selama 2,5 jam.

Tak hanya dalam bentuk minyak, daun serai pun bisa dipotong-potong dan diletakkan di beberapa sudut ruangan. Anda pun bisa mengusir nyamuk dengan satu pot tanaman serai dalam pot.

2. Kayu manis
Taburan bubuk kayu manis di permukaan kue atau cinnamon roll membuat kudapan makin nikmat. Siapa sangka aroma kayu manis justru bikin nyamuk ketar-ketir.

Menurut Healthline, sebuah studi di Taiwan menemukan minyak kayu manis bisa membunuh telur nyamuk, mengusir nyamuk dewasa termasuk Aedes albopictus alias Asian tiger mosquito.

3. Kulit jeruk
Jeruk dan keluarga tanaman sitrus bisa diandalkan untuk mengusir nyamuk. Jeruk, lemon, jeruk nipis, jeruk bali semuanya mengandung limonen pada bagian kulit.

Mengutip laman Fighting Mosquito, limonen merupakan senyawa yang diproduksi oleh beragam tanaman yang bisa menimbulkan aroma kuat yang berguna untuk menjauhkan tanaman dari predator.

Pada kulit jeruk, limonen biasanya digunakan sebagai perasa alami makanan dan minuman, atau juga sebagai obat nyamuk alami.

Ada beberapa cara memanfaatkan kulit jeruk. Pertama, Anda bisa langsung menggosokkannya pada kulit. Kedua, rebus kulit jeruk, saring dan biarkan air rebusan mendingin. Masukkan air rebusan ke dalam botol semprot dan siap digunakan.

Ketiga, bakar kulit jeruk. Seperti obat nyamuk bakar, Anda cukup menyiapkan potongan kulit jeruk yang cukup lebar dan biarkan mengering. Bakar kulit jeruk atau manfaatkan sebagai campuran api, seperti pada tungku aroma terapi.

4. Bawang putih
Bau bawang putih cenderung bisa mengusir nyamuk sehingga cocok sebagai cara basmi nyamuk di rumah. Penggunaannya pun sederhana.

Anda cukup meletakkan potongan bawang putih di beberapa sudut ruangan bersama dengan daun serai agar aromanya tidak terlalu mengganggu.

5. Minyak lavender
Anda bisa memperoleh minyak lavender di pasaran dengan mudah. Untuk membuatnya jadi obat nyamuk alami, siapkan air (10 persen dari minyak lavender) dan sedikit ragi. Campur semua bahan dan tuang dalam wadah.

Wadah berisi larutan minyak lavender bisa diletakkan pada ruangan-ruangan yang ingin dibersihkan dari nyamuk. Aroma lavender bakal ampuh mengusir nyamuk, membuat ruangan wangi, dan tidak akan mengganggu pernapasan Anda.


Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: