5 Destinasi Wisata Bandung Barat Wajib Dikunjungi Usai Corona

Kamis, Februari 17, 2022 Majalah Holiday 0 Comments



Bandung Barat - Bandung Barat memiliki berbagai destinasi wisata yang cocok dikunjungi untuk melepas penat. Mulai dari wisata alam sampai kuliner, semua tersedia di sana.

Nuansa alam nan hijau dengan udara sejuk menjadi daya tarik utama kawasan Bandung Barat. Maka tak heran, setiap akhir pekan, kawasan ini ramai dikunjungi wisatawan sekitar Bandung dan Jabodetabek.

Supaya traveler tidak bingung, detikTravel merekomendasikan 5 destinasi wisata Bandung Barat yang dapat didatangi setelah Corona mereda.

Berikut daftar wisata Bandung Barat yang bisa dikunjungi usai Corona:

1. Hutan Pinus Giri Wening

Hutan Pinus Giri Wening terletak Desa Cikidang, Lembang itu menyuguhkan suasana asri hutan pinus dan kesegaran udara yang tak ada di kota.

Warga yang datang tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk membeli tiket masuk. Meski gratis, tempat dan pemandangan alamnya sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga.

Meski biaya masuk masih gratis namun berbagai fasilitas telah tersedia seperti tempat bermain anak, mushala, kamar mandi, camping ground hingga jembatan mini yang cocok sebagai lokasi berswafoto.

2. Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut berada di Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Keindahan danau kecil dengan air berwarna hijau yang dikelilingi bebatuan besar itu sangat cocok untuk anda yang ingin melakoni wisata air.

Traveler yang ingin berpetualang ke Sanghyang Heuleut sebaiknya menyiapkan kondisi fisik yang fit dan prima.

Sebab, dari lokasi parkir dan loket pembayaran yang berada di sekitar PLTA Saguling, Anda harus menempuh perjalanan sejauh 5 kilometer.

Kedalaman air dan tingginya tempat loncat pun sangat cocok bagi anda adrenalin junkie. 

Jangan khawatir, jika tak bisa berenang pengelola sudah menyiapkan pelampung yang disewakan seharga Rp 10 ribu saja.

Untuk menikmati Sanghyang Heuleut, traveler cukup membayar Rp 15 ribu per orang. Harga yang masih tergolong murah jika dibandingkan dengan suguhan panorama alam dan keindahan tempat wisatanya.

3. Curug Pelangi Cimahi
Objek wisata alam alternatif lainnya saat ingin melepas penat di Bandung Barat yakni Curug Pelangi Cimahi. Curug yang ada di Desa Kertawangi, Kecamatan Ngamprah, KBB, tersebut menyuguhkan pemandangan air terjun setinggi 76 meter.

Curug Cimahi yang kini dikelola oleh Perhutani kini menjadi destinasi wisata alam yang menyuguhkan pemandangan alam yang sangat mempesona.

Jika wisatawan ingin datang ke lokasi ini, perlu mengeluarkan tenaga ekstra karena harus melewati sebanyak 587 anak tangga dari pintu masuk curug hingga ke air terjunnya.

Namun usaha dan rasa lelah yang dikeluarkan bakal terbayar saat menyentuh segarnya air terjun tersebut. Untuk masuk ke Curug Pelangi Cimahi, wisatawan hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 20 ribu untuk wisatawan lokal dan Rp 25 ribu untuk wisatawan asing.

4. Grafika Cikole

Grafika Cikole berada di area perbukitan seluas 9 hektare dan berada di atas ketinggian 1.400 mdpl. Begitu indah Grafika Cikole juga dikelilingi kawasan Wisata Hutan Pinus yang lebat.

Berlokasi di Jalan Raya Tangkuban Perahu Km 8, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, pada siang hari suhu udara di wisata ini 20 derajat celsius, sedangkan pada malam hari berkisar 5 derajat celsius!

Pengalaman seru yang bisa traveler dapatkan di antaranya outbond, penginapan berupa hotel, pondokan dengan eksterior kayu dan Camping Ground juga tempat makan seperti restoran, pendopo hutan, aula bambu hingga saung lesehan.

5. Taman Lembah Dewata


Traveler pecinta wisata alam dan spot instagramable bisa mengunjungi Taman Lembah Dewata. Lokasinya berada di Jalan Raya Tangkuban Perahu KM 3,7 Cibogo, Lembang, Bandung Barat.

Spot menariknya ada di Danau Tadah Hujan. Tapi pemandangan bukit dan gunung-gunungnya pun begitu mempesona.

Nah, aktivitas lain selain foto-foto yang bisa traveler lakukan di antaranya berkuda mengelilingi danau. Ada pula becak kecil atau kereta api dewata express.


Sumber : detik.com

0 comments: