5 Tips Aman Mengemudi bagi Wanita Hamil

Selasa, Februari 15, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Mengemudi saat hamil (Queenriders)

MENGEMUDI saat hamil memerlukan kenyamanan dan keamanan. Bila Anda sedang hamil dan masih berkendara dengan mobil Anda, penting untuk mengetahui tips-tips aman mengemudi bagi wanita hamil.

Hal ini penting untuk keselamatan Anda dan sang calon buah hati. Terlebih, wanita hamil memiliki beberapa kondisi yang berbeda dengan saat sebelum mengandung. Misalnya saja, mengalami mual, muntah-muntah, sakit kepala, kelelahan, hingga gangguan lainnya yang bisa menimbulkan risiko jika berkendara.

Nah, ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum maupun sedang berkendara. Apa saja? Berikut deretan tips aman mengemudi bagi wanita hamil, seperti dirangkum dari Safe Ride 4 Kids :

Persiapkan kendaraan dan kondisi fisik Anda

Sebelum mengemudi, Anda perlu mempersiapkan kendaraan dan kondisi fisik Anda. Pastikan kendaraan Anda sudah dalam kondisi prima dan persiapkan juga perlengkapan darurat dan pertolongan pertama di mobil Anda.

Selain mobil, persiapkan juga kondisi fisik Anda sendiri. Bila Anda dalam kondisi fit, tidak merasa lelah, mual-mual, sakit kepala, dan sebagainya, Anda boleh mengemudi.

Namun, jika merasakan gangguan-gangguan seperti kelelahan, mual, sakit kepala, dan kurang fit, sebaiknya minta bantuan orang lain untuk mengantarkan Anda ke tempat tujuan.

Perhatikan posisi kursi mengemudi

Kemudian yang tak kalah penting adalah posisi kursi mengemudi. Pastikan Anda mengemudi dengan nyaman. Cobalah untuk memposisikan diri Anda sehingga tulang dada Anda setidaknya 10 inci dari roda kemudi.


Hal ini untuk mengurangi kontak dengan airbag. Selain itu, jangan lupa untuk menyesuaikan kaca kendaraan Anda.

Gunakan sabuk pengaman dengan benar

Sabuk pengaman harus digunakan oleh semua pengemudi. Bagi wanita hamil, kenakan sabuk pengaman dengan bagian pangkuan ditempatkan di bawah perut dan melintasi paha atas dan tulang pinggul. Jaga agar sabuk pengaman tetap pas dan terasa nyaman.

Selain itu, pastikan tali bahu melintang di dada Anda di antara payudara Anda. Jangan pernah meletakkan sabuk pengaman di bawah lengan atau di belakang punggung.

Hindari gangguan

Tips aman berikutnya yakni hindari gangguan sebaik mungkin dan tetap fokus berkendara. Sebaiknya, matikan radio dan masukkan mode silent untuk ponsel Anda.


Istirahat sesering mungkin

Saat Anda hamil, tubuh akan berperilaku berbeda dan Anda perlu menyesuaikan diri, terutama saat mengemudi. Jika Anda akan berada di dalam mobil selama beberapa jam, sebaiknya berhenti dan sering beristirahat. Regangkan tubuh dan berjalan-jalan sedikit.

Hal ini akan membuat darah bergerak, membuat Anda merasa lebih waspada dan mengurangi potensi pembengkakan.

Selain itu, hindari terburu-buru saat berkendara. Mengemudilah dengan aman dan hindari penyebab umum kecelakaan mobil, seperti mengemudi dengan kecepatan tinggi.

Sumber : okezone.com

0 comments: