5 Tips Hadapi Teman Kerja yang Toxic

Senin, Februari 07, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi lingkungan kerja toxic. Foto: Getty Images/JimmyFam
Di dalam dunia kerja ini, kamu harus bisa bekerja sama dengan orang lain agar dapat memudahkan pekerjaanmu dan juga bisa membangun relasi. Tapi, di dunia kerja, kamu pasti juga akan menemukan rekan kerja yang toksik yang bisa membawa energi negatif dalam lingkungan tersebut.
Meski sulit untuk menghadapi orang seperti ini, tapi kamu bisa mencoba beberapa cara di bawah ini dalam menghadapi teman yang toksik.

Coba untuk enggak terlibat dalam kebisingan mereka


Ilustrasi lingkungan kerja toxic. Foto: Warodom Changyencham/Getty Images
Dilansir The Every Girl, ini mungkin terlihat seperti hal yang mudah ketika mendengar seseorang mengatakan sesuatu yang negatif dan akmu hanya menutup telinga dan kembali bekerja. Tapi, terkadang ini menjadi hal yang sulit.
Mungkin kamu punya beberapa keluhan tentang temanmu yang toksik ini. Tapi, rekan kerjamu ini datang kepadamu dengan informasi tertentu atau perilaku negatif yang berulang.
Hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah ketika rekan kerja yang toksik sudah sangat mengganggu pekerjaanmu, hadapi dengan memberikan argumentasi yang seperlunya. Jangan dengarkan atau menanggapi reaksi negatif apa pun darinya.

Jangan membiarkan toksiknya mempengaruhi pekerjaanmu

Ilustrasi teman yang toxic di lingkungan kerja. Foto: Shutterstock
Pekerjaan adalah tanggung jawabmu dan kamu harus menunjukkan hal itu.
Jika celah kecil negatif mulai masuk dari rekan kerja mu yang toxic itu mungkin akan mulai mempengaruhi kinerjamu. Sebisa mungkin, lakukan rutinitas kerjamu sesuai jadwal secara teratur dan terus tingkatkan produktivitas.

Lakukan percakapan terbuka dengannya

Cara ini mungkin adalah salah satu tindakan yang paling enggak diinginkan siapa pun karena menempatkan seseorang di posisi yang rentan. Tapi, jika kamu berdiskusi tentang dampak perilaku toksiknya terhadap kamu dan pekerjaanmu, maka ada kemungkinan lebih baik sehingga mereka akan mulai menyadari hal tersebut.

Jangan terbawa emosi

Ketika menghadapi teman kerja yang toksik, harap bersabar. Jangan sampai kamu tersulut emosi sehingga kalian terjebak dalam adu argumentasi yang mungkin akan melontarkan kata-kata kasar. Oleh karena itu, bicarakan hal yang enggak kamu sukai tentang teman toxicmu dengan kepala dingin.

Minta bantuan atasan

Enggak semua orang bisa menghadapi orang yang toksik. Ketika kamu merasa kamu dan orang lain enggak bisa menghadapi rekan kerjamu yang toksik, kamu bisa meminta bantuan kepada atasanmu.
Lingkungan kerja yang enggak nyaman akan berpengaruh pada hasil kerjamu. Dalam situasi seperti ini, mereka perlu disadarkan tentang apa yang terjadi demi kebaikan perusahaan dan karyawan lain.




Sumber : kumparan.com

0 comments: