6 Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga

Kamis, Februari 03, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Perut buncit dapat diatasi tanpa olahraga dengan cara mengatur pola makan dan kebiasaan sehat. Foto: Pexels.com
Cara mengecilkan perut buncit tanpa olahraga dapat dilakukan dengan mengatur pola makan dan beberapa kebiasaan yang sehat.
Perut buncit adalah salah satu masalah yang membuat seseorang tidak percaya diri. Perut buncit merupakan kondisi ketika lingkar perut melebihi ukuran normal.
Pria dikatakan memiliki perut buncit apabila lingkar perut melebihi 102 cm, sedangkan wanita memiliki perut buncit ketika lingkar perutnya lebih dari 88 cm.
Perut buncit perlu diatasi karena hal ini merupakan salah satu gejala menuju obesitas atau kegemukan yang dapat mengancam kesehatan tubuh manusia.
Mengatasi perut buncit juga dapat dilakukan tanpa olahraga. Berikut cara mengecilkan perut buncit tanpa olahraga.

Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kini ada berbagai cara mengecilkan perut tanpa olahraga. Cara ini bisa menjadi alternatif untuk orang-orang yang malas untuk berolahraga.

Dikutip dari Dietclopedia: 110 Rahasia Diet Sehat yang ditulis oleh Go Dok, berikut cara mengecilkan perut buncit tanpa perlu olahraga yang bisa dicoba di rumah.
Salah satu cara mengecilkan perut buncit tanpa olahraga adalah dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi. Foto: Pexels.com
1. Mengonsumsi Makanan Berserat Tinggi
Makanan berserat tinggi dapat membuat seseorang menjadi lebih mudah kenyang sehingga seseorang tidak mudah lapar. Contoh makanan berserat tinggi, yakni kubis, alpukat, kacang polong, dan sebagainya.
Peningkatan asupan serat merupakan salah satu langkah penting untuk mengurangi timbunan lemak di perut manusia.
2. Menggunakan Minyak Kelapa untuk Menggoreng
Tidak semua minyak berbahaya bagi tubuh manusia, salah satunya adalah minyak kelapa. Minyak kelapa memiliki kalori yang tinggi sehingga bagus untuk mengganti bahan makanan berlemak.
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa pria yang mengonsumsi minyak kelapa setiap hari mampu mengecilkan lingkar perut sebanyak 2-3 cm sentimeter tanpa harus diet dan olahraga.

3. Konsumsi Lemak Ikan Setiap Minggu
Sama halnya dengan minyak kelapa, lemak ikan tidaklah buruk bagi kesehatan tubuh sehingga dapat menghindari konsumsi minyak yang tidak baik bagi tubuh.
Cara mengecilkan perut buncit dengan mengonsumsi lemak ikan dapat dilakukan dengan cara lemak dari haring, salem, sardin, makarel, dan teri setiap tiga kali dalam seminggu.
4. Menurunkan Tingkat Stres
Stres diyakini berbanding lurus dengan berat badan manusia. Hal iitu memang bia terjadi karena stres dapat memicu tubuh untuk menghasilkan hormon kortisol.
Hormon kortisol atau hormon stres yang akan meningkatkan nafsu makan manusia. Oleh karena itu, manusia perlu menurunkan tingkat stresnya.
5. Beristirahat yang Cukup

Orang-orang yang tidur selama 5 jam biasanya memiliki perut yang lebih buncit dibandingkan orang-orang dengan waktu tidur 7 dalam sehari.
Terganggunya metabolisme tubuh manusia dalam mencerna makanan akibat kekurangan tidur menjadi faktor utama dalam persoalan ini sehingga menyebabkan terjadi penumpukan lemak di bagian perut.
6. Hindari Makanan dan Minuman Manis
Sudah menjadi rahasia umum bahwa makan dan minuman manis dapat menaikkan kadar gula dalam tubuh yang kemudian berubah menjadi tumpukkan lemak dalam tubuh.
Oleh karena itu, menghindari makanan dan minuman manis dapat mengecilkan perut buncit. Sebagai gantinya, konsumsilah makanan-makanan ringan yang sehat.

Sumber : kumparan.com

0 comments: