7 Fakta Ikan Methuselah, Ikan Tertua di Akuarium Amerika

Senin, Februari 07, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


detikers apakah kalian tahu jika ada ikan tertua yang sampai saat ini masih tinggal di akuarium? Namanya ikan methuselah, ikan ini merupakan ikan tertua yang tinggal di akuarium Amerika Serikat.

Ikan methuselah adalah ikan yang menyukai makan buah ara segar. Tidak hanya itu, ikan ini juga suka menggosok perutnya. Berikut ini adalah fakta-fakta unik dari Ikan Methuselah yang dikutip dari Newyork Post:


Fakta Ikan Methuselah
1. Berumur Lebih dari 80 Tahun
Ikan methuselah sudah berumur 80 tahun dan saat ini tinggal di Steinhart Aquarium California Academy of Sciences, San Francisco. Ikan ini memiliki panjang 1,2 meter.

Awalnya ikan methuselah dipindahkan dari akuarium di Australia. Saat ini para ahli telah memprediksi jika umurnya lebih dari 80 tahun tepatnya 85-90 tahun.

2. Evolusi Ikan dan Amfibi
Ikan methuselah merupakan spesies primitif yang menggunakan paru-paru dan insang. lungfish Australia diyakini sebagai penghubung evolusi antara ikan dan amfibi.

3. Diduga Berjenis Kelamin Betina
Ikan methuselah yang ada di akuarium San Francisco itu belum diketahui secara pasti apa jenis kelaminnya. Namun pengasuh ikan tersebut percaya jenis kelaminnya adalah betina. Untuk itu akademi berencana mengetesnya dan mengirim sampel siripnya ke peneliti Australia.

Menurut Ahli biologi senior di Akademi dan pemelihara ikan, Allan Jan, mengatakan Methuselah suka digosok di punggung dan perutnya dan memiliki kepribadian yang "mellow".

4. Terancam Punah
Ikan methuselah terancam punah dan mereka tidak dapat lagi diekspor dari perairan Australia. Menurut para ahli biologi tidak ada pengganti dari ikan ini.

5. Namanya Diambil dari Alkitab
Nama ikan methuselah diambil dari Alkitab. Methuselah merupakan kakek Nuh yang hidup sampai usia 969 tahun. Karena telah hidup lama di dunia, kemudian ikan tersebut diberi nama Methuselah.

Ahli biologi di California Academy of Sciences percaya bahwa ikan itu berusia sekitar 90 tahun, tanpa rekan hidup yang diketahui.

6. Berumur Panjang karena Genetik
Allan menjelaskan ikan methuselah dapat berumur panjang karena faktor genetik. Jenis ikan ini memang berumur panjang. Sebelumnya ada ikan lungfish dari Chicago Shedd Aquarium yang meninggal pada tahun 2017 dengan usia 84 tahun.

7. Menyukai Ketenangan
Awalnya ikan methuselah sempat ditempatkan di tangka yang lebih besar dengan banyak ruang dan aliran air. Namun ikan tersebut merespon dengan tidur terbalik. Ketika dipindahkan ke tangki yang lebih kecil, ikan methuselah dapat tidur lebih tenang.



Sumber : detik.com

0 comments: