7 Kota Terunik di Indonesia, Pelancong Bisa Nikmati Pengalaman Menarik dan Berbeda

Rabu, Februari 16, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Denpasar termasuk 7 kota terunik di Indonesia. Foto Monumen Bajra Sandhi di Denpasar, Bali (denpasarkota.go.id)



Tugu Kilometer Nol Indonesia di Sabang

Sebab, saat Perang Dunia II, Jepang menjadikan Sabang sebagai tempat pelabuhan militer dan mereka membangun ribuan benteng dan bungker. Cocok banget nih bagi Anda yang mau berwisata sejarah di Sabang.

Agats

Agats, Ibu Kota Kabupaten Asmat, Papua. Hal yang sangat unik di Agats adalah bangunan jalannya yang berbeda dengan kota-kota lainnya.

Sebab, Agats merupakan kota yang berada di atas papan. Ya, Agats mempunyai infrastruktur kota terdiri dari jalan raya yang menggunakan papan. Usut punya usut, kota Agats mempunyai tanah yang berlumpur sehingga sulit untuk mendirikan bangunan di atas tanah.

Gili Trawangan

Selanjutnya ada Gili Trawangan di Nusa Tenggara Barat. Siapa yang tidak tahu? Ini merupakan salah satu destinasi wisata Indonesia yang cantik di mata turis. Gili Trawangan menawarkan berbagai pilihan destinasi wisata indah yang memanjakan mata.

Awkarin di Gili Trawangan (IG @awkarin)

Selain itu uniknya, pemerintah setempat tidak memperbolehkan adanya kendaraan bermotor, lho! Itu sebabnya udara di sana masih sangat segar.

Alor

Kemudian ada kota Alor yang terletak di Nusa Tenggara Timur (NTT). Kota yang cantik dan kaya akan destinasi wisata alamnya ini adalah kota yang paling sepi di Indonesia. Mengapa?

Sebab, kota Alor hanya memiliki sekira 66 orang per kilometer luas wilayahnya. Di samping wisata alam yang indah dan sepi, Alor juga mempunyai pesona wisata budaya berupa Kampung Tradisional Takpala.

Semarang

Kota di Jawa Tengah ini juga masuk ke dalam daftar kota terunik. Sebab, Semarang menyimpan destinasi-destinasi wisata yang menyimpan cerita tersendiri. Misalnya saja Lawang Sewu, Tugu Muda, Klenteng Sam Poo Kong dan lainnya.


Lawang Sewu di Semarang

Selain itu, penamaan kota Semarang juga mempunyai sejarahnya tersendiri. Konon, pada akhir abad ke 15 ada seorang pangeran dari Kesultanan Demak.

Dalam perjalanan itu, dia menyebarkan agama Islam hingga ke daerah yang sekarang disebut Semarang. Asal kata Semarang sendiri berasal dari kata Asem Arang, atau pohon asam yang buahnya jarang (arang) yang ditanam oleh keturunan pangeran tersebut.

Malang

Di urutan berikutnya ada Kota Malang. Siapa yang tak tahu dengan kota di Jawa Timur ini? Uniknya, Malang kerap dijuluki sebagai kota Apel. Sebab, seperti kita tahu, Malang merupakan kota penghasil buah apel terbesar di Indonesia. Tidak heran, setiap berwisata ke Malang, jangan lupa membawa oleh-oleh beragam makanan dan minuman yang terbuat dari apel!

Denpasar

Terakhir ada kota Denpasar, Bali. Di balik terkenalnya kota Denpasar sebagai ibukota Bali, kota ini mempunyai julukan unik, lho! Yaitu, Parijs van Bally atau ‘Parisnya Bali’. Julukan ini telah disematkan kepada Denpasar sejak zaman penjajahan Belanda.

Sebab, Denpasar merupakan tempat pusat perbelanjaan dari beragam pakaian, baik tradisional maupun modern. Tak hanya itu, Denpasar juga memiliki menara ikonik seperti Paris yakni, Bajra Sandhi.


Sumber : okezone.com

0 comments: