Apa Itu Gaslighting? Kenali Cara Licik Seseorang Melakukan Gaslighting dalam Hubungan

Kamis, Februari 24, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Apa Itu Gaslighting? Kenali Cara Licik Seseorang Melakukan Gaslighting dalam Hubungan

Suara.com - Istilah gaslighting dewasa ini sering digunakan untuk menggambarkan tindakan manipulatif khususnya dalam sebuah hubungan. Lalu, apa itu gaslighting sebenarnya? Apakah gaslighting adalah sesuatu yang harus benar-benar diwaspadai?

Tentu saja, gaslighting membuat sebuah hubungan menjadi tidak sehat dan merugikan salah satu pihak. Jadi, penting bagi kita untuk mengetahui apa itu gaslighting dan seperti apa ciri-cirinya.

Apa itu gaslighting?

Ilustrasi pasangan impulsif. (pexels/TimurWeber)

Dilansir dari laman Very Well Mind, gaslighting adalah bentuk manipulasi yang kerap terjadi pada hubungan yang kasar. Ini merupakan salah satu bentuk pelecehan emosional terselubung di mana pelaku gaslighting akan menciptakan narasi palsu pada si korban.

Pada akhirnya, korban gaslighting akan merasa tidak yakin tentang pemikiran mereka tentang dunia dan bahkan bertanya-tanya apakah mereka mulai kehilangan kewarasan.

Secara garis besar, gaslighting biasa terjadi pada hubungan percintaan. Namun tidak jarang, ini juga terjadi dalam hubungan persahabatan atau bahkan keluarga.

Seseorang yang melakukan gaslighting mungkin justru memiliki gangguan mental seperti narcissistic personality disorder (NPD) atau borderline personality disorder (BPD).

Cara kerja Gaslighting

Gaslighting adalah teknik yang digunakan untuk melemahkan persepsi seseorang tentang sebuah realitas. Ketika pelaku gaslighting menyalahkan Anda, Anda kemudian akan bertanya-tanya apa yang sebenarnya telah Anda lakukan.

Anda mungkin didorong untuk berpikir bahwa Anda lah yang harus selalu disalahkan atas suatu hal yang pada akhirnya justru membuat Anda dituduh terlalu sensitif.

Gaslighting dapat membuat korbannya kebingungan dan mempertanyakan penilaian, ingatan, harga diri, dan kesehatan mental mereka.

Ilustrasi pasangan. (pexels.com/RonLach)

Ciri seseorang melakukan gaslighting

Banyak berbohong

Seseorang yang suka melakukan gaslighting umumnya adalah pembohong dan cenderung narsistik. Bahkan, saat Anda coba memberikan bukti bahwa apa yang telah mereka bicarakan adalah bohong, mereka akan tetap bersikeras dan terus memojokkan Anda.

Suka bergosip

Secara sekilas, pelaku gaslighting mungkin terlihat mengkhawatirkan Anda dan membicarakannya pada orang banyak. Namun, di saat ini pula mereka mulai menyebarkan rumor bahwa emosi yang Anda miliki tidak stabil atau bahkan gila. Sayangnya, taktik ini bisa sangat efektif dan banyak orang berpihak pada mereka tanpa mengetahui cerita lebih lengkap.

Mengganggu

Ketika Anda bertanya kepada seseorang yang memberi pertanyaan atau memanggil mereka untuk melakukan atau mengatakan sesuatu, mereka mungkin mengubah topik pembicaraan dengan mengajukan pertanyaan alih-alih menanggapi masalah yang ada.

Ini tidak hanya menghilangkan jalan pikiran Anda, tetapi juga menyebabkan Anda mempertanyakan perlunya membahas masalah ketika mereka tidak merasa perlu merespons.

Itulah beberapa yang menunjukkan bahwa gaslighting adalah hal buruk dan sudah semestinya diwaspadai. Semoga Anda semakin memahami tentang apa itu gaslighting sehingga tahu bagaimana cara mengatasinya.



Sumber : SUARA

0 comments: