Arab Saudi Pastikan Jaga Kesakralan Kota Suci Mekkah dan Madinah

Selasa, Februari 22, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Dubes Arab Saudi Esam Abid Al-Thagafi (Foto: MNC Portal)

 Arab Saudi sedang gencar membuka pintu modernisasi dan keterbukaan di berbagai bidang, termasuk di sektor hiburan dan pariwisata. Di tengah perubahan besar-besaran ini, Pemerintah Arab Saudi memastikan hal ini tidak berlaku di dua kota suci umat Islam yakni Mekkah dan Madinah.

“Kami tak bisa menghindari pengaruh modernisasi karena Arab Saudi bagian dari global, bagian dari budaya dunia. Tapi tentu kami tetap bangga dan menjaga benar identitas keislaman. Karenanya, Mekkah dan Madinah harus tetap dijaga kesakralannya,” kata Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi kepada wartawan di kantornya, Senin (21/2/2022).

Arab Saudi antara lain telah melonggarkan aturan berbusana turis dengan tak lagi melarang pasangan menginap di hotel tanpa surat nikah, membuka bioskop, menggelar konser musik artis internasional, membangun megaproyek taman hiburan yang disebut Qiddiya.

Selain itu juga berencana menggelar beragam event olahraga internasional mulai F1, MotoGP hingga Asian Games 2034.

Menurut Duta Besar Esam, kota-kota besar di Arab Saudi terus bersolek menyambut wisatawan dan keterbukaan di sektor hiburan global karena saat ini derasnya arus informasi tak bisa dicegah oleh negara mana pun.

Meski demikian, identitas keislaman di Negara Kaya Minyak itu merupakan garis tegas yang tidak boleh dilewati atas nama modernisasi.

“Acara-acara perayaan dan selebrasi yang meriah tidak akan digelar di dua kota suci Mekkah dan Madinah,” pungkasnya.


Sumber : okezone.com

0 comments: