Bagaimana Cara Melestarikan Budaya Daerah? Simak 7 Caranya

Rabu, Februari 16, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Berikut cara melestarikan budaya daerah. (Foto: Ilustrasi/Istimewa)

BAGAIMANA cara melestarikan budaya daerah? Di tengah globalisasi, sebagai anak bangsa kita perlu menjaga warisan kebudayaan dari nenek moyang.

Kali ini Okezone akan menjelaskan tentang cara melestarikan budaya daerah.

1. Cari Tahu Tentang Budaya Anda

Anda dapat mencari tahu lebih dalam tentang budaya Anda pada berbagai literasi seperti buku, jurnal, surat kabar maupun berselancar di internet.

Semakin banyak informasi yang didapat semakin luas juga wawasan Anda tentang kebudayaan tersebut.

2. Aktif Mengikuti Acara Kebudayaan

Setelah mencari literasi tentang kebudayaan, Anda dapat aktif mengikuti kegiatan kebudayaan. Misalnya menonton atau mengikuti pentas kebudayaan.

Anda bisa mendatangi lokasi dan meminta bergabung dengan para pemainnya. Bergabungnya Anda dengan tim tersebut maka akan menambah pengetahuan mengenai budaya itu.

3. Masuk ke Dalam Komunitas

Cara melestarikan budaya daerah salah satunya dengan bergabung ke komunitas. Di sana Anda dapat menggali lebih jauh tentang informasi kebudayaan.

Selain itu dapat berdiskusi kepada para tokoh yang paham tentang budaya Anda. Biasanya dari komunitas itu memiliki banyak jaringan budaya yang lain. Sehingga memudahkan Anda untuk bertukar pikiran.

4. Kenalkan Budaya Lewat Media Sosial

Di zaman serba canggih seperti saat ini, keberadaan media sosial cukup penting. Betapa banyak orang menggunakan media sosial untuk mencari informasi atau sekadar aktualisasi diri.

Anda jangan mau kalah, buatlah konten menarik tentang budayamu. Dokumentasikanlah secara profesional. Serta gunakan dua bahasa antara bahasa asing dan juga bahasa Indonesia.

5. Gunakan Produk Indonesia di Luar Negeri

Pakailah produk asli Indonesia atau produk budaya lokal saat Anda berada di luar negeri. Itu salah satu kampanye memperkenalkan budaya kita di luar negeri.

Misalnya, Anda pergi berlibur ke luar negeri gunakan motif kain batik. Kain batik yang Anda gunakan akan menarik perhatian warga setempat.

6. Mengekspor Barang Hasil Kesenian

Jika Anda seorang pengusaha, bisa juga mempromosikan produk budaya atau kesenian lokal ke luar negeri. Barang-barang tersebut dapat Anda ekspor dan syukur-syukur Anda memiliki pasar tersendiri di negara orang.

Apabila barang tersebut unik dan menarik, maka peluang laris manis di luar negeri cukup besar.

7. Budaya Anda adalah Identitas Anda

Banggalah terhadap budayamu. Jadikanlah budaya sebagai identitas Anda. Budaya merupakan ciri khas tersendiri. Jika ada kebanggaan terhadap budaya dalam diri Anda, maka pengaruh budaya asing susah masuk.

Dari artikel di atas, tentu Anda sudah tahu bagaimana cara melestarikan budaya daerah. Semoga budaya Indonesia makin dikenal di mata dunia. 


Sumber : okezone.com

0 comments: