Bersantai di Kafe Sawah Desa Wisata Pujon Kidul

Selasa, Februari 22, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

OJK Dorong Optimalisasi Peran Badan Usaha Milik Desa

Liputan6.com, Jakarta - Desa Wisata Pujon Kidul menawarkan panorama alam dengan hamparan persawahan yang indah. Desa wisata ini terletak di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Dikutip dari laman Jejaring Desa Wisata (Jadesta) Kemenparekraf, Minggu, 20 Februari 2022, salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika ada di desa wisata ini adalah Cafe Sawah Desa Wisata Pujon Kidul. Kafe ini dikelilingi hijaunya persawahan cantik.

Seperti namanya, Kafe Sawah menghadirkan saung-saung tempat makan yang dibuat layaknya wisatawan berada di gubuk petani yang biasa ada di tengah sawah. Area kafe ini luasnya hampir dua hektar.

Atraksi wisata tersebut sengaja dibuat aktivitas petani tengah bekerja di lahan pertanian. Sembari menikmati santapan, wisatawan dapat melihat petani beraktivitas.

Saung-saung tempat makan ada yang berdiri di tengah areal padi yang sedang menguning. Ada pula saung yang ada di tengah areal tanaman palawija yang siap dipanen.

Menariknya, saung-saung juga dihadirkan yang berdiri di atas kolam dengan ikan-ikan. Wisatawan juga dapat memancing ikan tersebut kapan saja di desa wisata ini.

 


Agro Wisata

Selain itu, ada pula aktivitas agro wisata lain yang dihadirkan seperti memetik buah. Wisatawan dapat bebas memilih agro wisata mana yang ingin dinikmati saat berkunjung.

Petik buah, tangkap ikan dan aktivitas agro wisata bisa dilakukan di desa ini. Semuanya adalah bagian dari paket wisata yang dijual di kawasan kafe dan desa ini dengan tarif yang berbeda-beda.

Jika ingin memetik buah, tersedia buah apel dan stroberi, ada pula cabai, bawang dan aneka tanaman buah lainnya. Syaratnya, sebanyak buah yang dipetik harus ditimbang, dan wisatawan bayar ke pemilik lahan.



Paket Wisata

Menurut keterangan di akun Instagram Desa Wisata Pujon Kidul, terdapat beberapa paket wisata. Sebut saja paket wisata (one day trip) dengan harga Rp170 ribu. Paket ini termasuk welcome drink, edukasi peternakan, makan siang, edukasi pertanian, snack atau minum, tour guide, akomodasi, hingga suvenir.

Ada pula paket wisata (2 day and 1 night) dengan harga Rp520 ribu. Wisatawan bisa mendapatkan welcome drink, welcome dance, tour guide, edukasi pertanian, edukasi peternakan, edukasi UMKM, sejarah desa, homestay, makan tiga kali, snack atau minum, akomodasi, dan suvenir.

Juga, paket wisata (3 day and 2 night) seharga Rp1 juta. Paket ini termasuk welcome drink, welcome dance, tour guide, edukasi pertanian, edukasi peternakan, edukasi UMKM, edukasi kebun apel, soft tracking, sejarah desa, homestay, makan enam kali, snack atau minum, akomodasi, dan suvenir.


Paket Wisata Study Banding

Selain ketiga paket di atas, ada pula paket wisata study banding dengan harga Rp150 ribu. Paket ini termasuk welcome drink, snack, tempat diskusi, materi, narasumber, tour guide, gratis masuk Cafe Sawah, dan paket makan di Cafe Sawah.

Kini, desa wisata ini memiliki 11 unit usaha di bawah naungan Badan Usaha Milik Desa (BumDes) Sumber Sejahtera. Ini sebagai upaya membangun dan mengembangkan potensi desa yang bertujuan memberi dampak positif terhadap masyarakat.



Sumber : LIPUTAN6

0 comments: