Bisa Jadi Cuan, Begini Tips Mengubah Hobi Jadi Bisnis Menguntungkan

Kamis, Februari 03, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Ide bisnis atau usaha bisa datang dari mana saja, termasuk datang dari hobi atau kegemaran kita sehari-hari. Hobi adalah salah satu kegiatan yang digemari atau disukai seseorang kehidupan sehari hari. Setiap orang pasti memiliki hobinya masing-masing. Tapi bisakah kita memiliki hobi menghasilkan cuan?

Jawabannya tentu saja bisa. Beberapa orang terkadang memiliki hobi yang unik dan lain dari biasanya, bahkan hobi tersebut dapat menghasilkan uang. Menjadikan hobi sebagai bisnis sudah membantu kamu untuk menemukan ide dan membuka peluang usaha baru. Selain membuat hatimu senang karena tersalurkan akan hobimu, juga mendapatkan penghasilan lain dari pekerjaan utamamu.
Lalu, bagaimana caranya untuk membuat hobimu menjadi bisnis yang menguntungkan? Simak penjelasannya.
Cari tau apa hobimu

Lakukanlah survey kecil-kecilan, bagi kamu yang masih bingung dengan hobi kamu sendiri. Caril apa hobi yang sebenarnya kamu sukai, dan bisa membuat kamu merasa nyaman dan menyenangkan, atau kegiatan seperti apa yang membuat kamu rela untuk membayar demi melakukan hal tersebut.
Setelah bisa menjawab pertanyaan tersebut, pastikan hobi yang kamu sukai tersebut berpotensi untuk mendatangkan pemasukan atau pundi-pundi rupiah.
Tentukan hobi yang dapat menghasilkan cuan

Setelah menemukan hobi yang kamu sukai, langkah selanjutnya adalah untuk menentukan hobi mana yang paling memiliki potensi untuk menghasilkan cuan. Pilihlah hobi yang juga banyak diminati oleh orang banyak, karena semakin banyak orang yang menyukai hobi tersebut, maka semakin besar pula peluang pasar yang bisa kamu bidik untuk mendatangkan tambahan penghasilan.
Sebagai contoh misalnya, kamu memiliki hobi mengoleksi sneakers, berarti bisnis yang bisa kamu lakukan misalnya seperti menjual sneakers, mereview sneakers di sosial media, membuat channel YouTube yang berbicara tentang berbagai hal yang berkaitan dengan sneakers sampai kamu bisa mendatangkan penghasilan.

Temukan dan perluas jaringan
Hobi yang digemari mungkin saja bukan kamu saja orangnya. Banyak orang yang memiliki kegemaran yang sama, yang pada akhirnya akan terbentuk sebuah komunitas. Dari komunitas ini bisa menjadi jaringan kamu untuk memperluas pengetahuanmu tentang hobimu. Dari komunitas itu pula kamu bisa berpeluang menjadikan hobi menghasilkan cuan.
Temukan klub atau komunitas dan kelompok khusus lainnya yang dapat membantu kamu di dalam dunia pemasaran. Kamu bisa belajar banyak dari teman komunitas yang telah memulai bisnisnya dari hobi. Kamu juga bisa perlahan-lahan memulai untuk membangun sebuah komunitas atau jaringan dengan cara mempromosikan diri kamu pada komunitas yang berhubungan dengan hobi kamu.
Jeli melihat persaingan
Meskipun kamu memiliki kedekatan dengan sesama pelaku hobi, namun disarankan untuk tidak lengah terhadap persaingan. Tidak menutup peluang bila di kemudian hari muncul pesaing dari orang-orang terdekat kamu, orang-orang yang memiliki hobi yang sama.
Oleh karena itu, berikan penawaran nilai yang lebih menarik dan kreatif agar bisnis kamu memiliki daya saing yang cukup tinggi.
Itulah beberapa tips dan trik bagaimana mengubah hobi kamu menjadi sebuah bisnis. Selamat mencoba ya!
Sumber : kumparan.com

0 comments: