Budaya Penggemar K-Pop yang Wajib Kalian Ketahui!

Jumat, Februari 04, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi K-Pop. https://www.shutterstock.com/image-photo/kpop-music-theme-live-concert-background-1095618458
K-pop atau Korean Pop merupakan sebuah genre musik baru yang berasal dari Korea Selatan. K-pop sekarang marak mendunia bahkan sudah tersebar luas ke berbagai benua seperti Amerika, Eropa, Asia, dan lebih banyak lagi yang memikat jutaan fans di seluruh dunia. K-pop sudah sangat besar dan tidak asing lagi di telinga kita. Kini, banyak brand lokal yang menggunakan kpop sebagai salah satu media promosi produk yang dijual. Contohnya adalah Scarlett Whitening yang berkolaborasi dengan girlband K-pop bernama Twice untuk mempromosikan produk kecantikan yang dijual. Ada juga brand minuman dan makanan, seperti Chatime dan McDonald yang berkolaborasi dengan boyband kpop yang sedang terkenal, yaitu BTS untuk mempromosikan makanan yang dijual.
Namun, mengapa Korean Pop bisa sebesar ini? Banyak yang berpendapat bahwa K-pop dapat menarik perhatian banyak orang karena keunikannya. K-pop biasa menyediakan hiburan musik yang dipadukan dengan dance yang menarik dan alur cerita video clip yang unik, sehingga tidak sedikit penggemar yang tertarik untuk ikut serta menjadi pendukung genre musik tersebut. Lebih serunya lagi dalam satu band K-pop terdapat lebih dari 4 personil dan banyak band yang memiliki 7 hingga paling banyak 20 personil lebih dalam satu band. Oleh karena itu, keragaman personil membuat para penggemar merasa asik sehingga menjadi penggemar tetap.
Lalu, apa saja budaya penggemar K-pop yang perlu diketahui? Jika anda berminat untuk menjadi penggemar K-pop, anda harus mengetahui perbedaan budaya penggemar musik lainnya dengan penggemar musik K-pop. Beberapa dibawah ini adalah budaya yang akan memberi anda permulaan ke dalam dunia K-pop:

1. Dalam sebuah group kpop, terdapat banyak peran
Dalam sebuah K-pop group atau K-pop band dengan personil yang banyak, terdapat bermacam-macam peran. Peran tersebut terdiri dari sang pemimpin atau leader, sang visual atau the visual, rapline, vocal line, dance line, maknae line (barisan yang paling muda), dan hyung line (barisan yang paling tua). Sesuai dengan namanya, sang pemimpin adalah seseorang yang memimpin grup tersebut. Biasanya sang pemimpin dipilih untuk karismanya, dan kemampuannya untuk membimbing member lainnya. Sang visual biasanya adalah seseorang yang paling tampan atau cantik di sebuah grup. Rapline adalah barisan para rapper di grup tersebut. Vocal line adalah barisan para penyanyi. Dance line adalah barisan para dancer. Maknae yang berarti paling muda memberi arti barisan yang paling muda di sebuah grup, dan hyung yang berarti kakak memberi arti barisan paling tua di sebuah grup.

2. Setiap grup memiliki lightstick masing-masing
Lightstick adalah sebuah tongkat lampu yang menjadi faktor lumayan penting dalam sebuah budaya K-pop. Lightstick biasa digunakan oleh para penggembar saat konser band favoritnya. Biasanya, lightstick tersebut digunakan untuk menambah estetika dan keseruan saat konser. Lightstick dapat berubah warna dan membawa simbol yang besar dalam sebuah grup. Setiap band K-pop memiliki lightstick masing-masing dengan bentuk yang unik dan nama yang khusus.
3. Fanchant
Fanchant merupakan sebuah nyanyian yang dilakukan para penggemar untuk “menyahut” band favoritnya saat tampil live. Biasanya, setiap lagu yang dikeluarkan oleh band K-pop akan memiliki fanchant masing-masing yang akan dipelajari oleh para penggembar dan diterapkan saat menonton konser atau live performance lainnya. Fanchant merupakan budaya unik K-pop dan berguna untuk menambah interaksi antara penggemar dan idol K-pop.
4. Perayaan Ulang Tahun setiap Personil di Seluruh Dunia
Ulang tahun tentu menjadi sebuah momen spesial bagi yang merayakan. Namun, apa rasanya jika ulang tahunmu dirayakan di seluruh dunia? Dalam budaya K-pop, para penggembar biasa melakukan fan service untuk perayaan ulang tahun personil yang disukainya. Para penggembar biasanya melakukan donasi atas nama idola, menyewa billboard untuk memajang poster selamat ulang tahun, membuat pesta, dan bahkan menyewa satu restoran atau bioskop dalam rangka merayakan ulang tahun sang idola. Bahkan, tidak sedikit penggemar yang membeli bintang atas nama idolanya sebagai hadiah ulang tahun lho!
Berikut adalah beberapa budaya penggemar atau fan culture kpop yang dapat kalian ketahui. Sebagai penggemar K-pop, saya melihat hal ini sangat menarik untuk dinantikan sebab tren K-pop akan kembali melejit pada tahun 2022 ini. Hal ini menandakan bahwa semakin diminatinya budaya-budaya pop asal negeri ginseng tersebut dan juga dapat menjadikan momentum ini sebagai peluang bisnis yang sangat baik. Tak hanya itu, tren tersebut dapat memeriahkan tahun ini dengan hiburan-hiburan yang baru dan fresh dari para idol kepada para penggemarnya.



Sumber : kumparan.com

0 comments: