Cara Alternatif Obati Baret Bodi Mobil, Bisa Pakai Benda di Rumah

Jumat, Februari 18, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Pengemudi terkadang melakukan kesalahan kecil yang membuat bodi mobil baret tanpa disadari. Jika baret tak terlalu dalam dan panjang sebenarnya tak perlu terlalu dikhawatirkan sebab masih bisa disembuhkan pakai cara alternatif tanpa perlu ke bengkel.

Menurut Suzuki Indonesia ada beberapa cara mengobati baret menggunakan benda sederhana yang bisa ditemukan di rumah.

Obat nyamuk cair
Tidak hanya untuk menghilangkan nyamuk saja, obat nyamuk cair juga dikatakan bisa berfungsi untuk menghilangkan baret mobil.

Kenapa harus menggunakan obat nyamuk cair? Karena bahan yang terkandung di dalam obat nyamuk cair dapat menghilangkan lapisan baret yang ada di mobil.

Cara penggunaannya juga sangat mudah. Pertama Anda perlu menyiapkan berapa banyak takaran obat nyamuk cair yang dibutuhkan.

Cara pengaplikasiannya yaitu, tuangkan obat nyamuk cair ke lap kering berbahan halus. Pastikan lap halus yang Anda gunakan benar-benar kering, karena jika basah kandungan yang ada di obat nyamuk akan hilang.

Setelah menuang obat nyamuk cair, usap bagian mobil yang baret. Cara mengusapnya yaitu secara perlahan dengan gaya memutar hingga merata ke seluruh bagian yang tergores. Selanjutnya, tunggu selama 15 hingga 20 detik saja.

Tahap selanjutnya bilas bekas obat nyamuk tadi, setelah selesai lalu keringkan menggunakan lap kering.

Pasta gigi
Pasta gigi merupakan bahan yang mudah dicari. Tidak hanya berfungsi sebagai bahan untuk membersihkan gigi, ternyata odol juga ampuh membersihkan baret mobil.

Sebelum menggunakan pasta gigi, pastikan terlebih dahulu mobil Anda dalam keadaan bersih. Setelah itu siapkan kain lembut yang nantinya berfungsi sebagai wadah pasta gigi.

Cara menghilangkan baret mobil menggunakan pasta gigi sangatlah mudah. Berikut langkah yang perlu Anda lakukan.

Pertama, basahi kain menggunakan air bersih. Setelah itu tuangkan pasta gigi secukupnya sesuai seberapa lebarnya goresan yang ada.

Kemudian gosok bagian mobil yang baret hingga merata. Pastikan Anda menggosoknya dengan gerakan melingkar supaya hasil polesannya rata.

Perlu dimengerti bahwa penggunaan pasta gigi sebenarnya kurang efektif apabila tidak ditambah dengan bahan lain. Selama goresannya tidak parah, Anda dapat menggunakan cara seperti ini.

Ilustrasi. (iStockphoto/Elena Gurova)

Kompon
Cara yang satu ini paling mudah untuk menghilangkan goresan pada mobil. Bagaimana tidak? Krim yang terdiri dari bahan kimia ini mampu membersihkan goresan mobil yang bekerja dengan cara mengikis sampai goresan tidak terlihat.

Ketika terdapat baret ringan kita dapat menggunakan kompon berwarna putih karena kompon ini memiliki daya kikis kuat. Langkah yang harus Anda lakukan sebelum membersihkan goresan yaitu menyiapkan alat lain yang dibutuhkan seperti kain.

Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu membersihkan bagian yang tergores menggunakan air untuk menghilangkan berbagai kotoran yang menempel. Kemudian bersihkan air yang sudah dituang tadi menggunakan lap hingga kering.

Setelah kering, poles bagian yang tergores menggunakan kompon poles. Supaya tidak cepat mengering, Anda perlu memoles menggunakan kompon dengan cepat. Sebab, ketika kompon sudah kering maka akan mengeras dan kompon akan sulit dibersihkan.

Lakukan polesan secara ringan supaya cat mobil tidak terkikis dengan satu arah agar hasilnya lebih merata. Setelah bagian baretnya sudah bersih, Anda dapat membilas menggunakan air lalu keringkan.

Cairan rem
Bahan selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan baret mobil adalah cairan rem. Sebelum melakukannya, Anda perlu mengumpulkan alat pendukung terlebih dahulu. Alat yang diperlukan yaitu lap plas chamois atau sering disebut kanebo.Cairan rem

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yakni menuang cairan rem ke kanebo kering, namun jangan terlalu berlebihan. Setelah dituang Anda dapat mengoles ke permukaan mobil yang baret secara merata.

Terdapat cara lain selain menggunakan kain kanebo. Sebenarnya, Anda juga dapat menuangkan minyak rem secara langsung ke dalam bagian mobil yang sudah tergores. Akan tetapi cara seperti ini perlu dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari terpolesnya bagian mobil yang masih bersih.

Karena sangat berisiko jika langsung menuangkan ke bagian mobil yang sudah baret, maka alangkah baiknya Anda tetap menggunakan cara pertama.

Setelah selesai melakukan pemolesan, mobil dapat dibersihkan dengan air serta dilap menggunakan kanebo bersih.

Menghilangkan baret mobil menggunakan minyak rem sebenarnya tidak sulit. Hanya saja Anda perlu berhati-hati karena sifat minyak rem sangat keras. Jika terjadi kesalahan sangat disayangkan dan dikhawatirkan tampilan mobil tidak sesuai yang Anda inginkan.


Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: