Desa Wisata Ngilngof, Rumah bagi Pantai Berpasir Putih Terhalus di Dunia

Selasa, Februari 15, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu keindahan dari Timur Indonesia tersuguh dari destinasi di Desa Wisata Ngilngof. Desa ini berada di Kecamatan Manyeuw, Kabupaten Maluku Tenggara - Kepulauan Kei, Maluku.

Dikutip dari laman Jejaring Desa Wisata (Jadesta) Kemenparekraf, Senin, 14 Februari 2022, Desa Wisata Ngilngof menjadi rumah bagi Pantai Ngurbloat yang membentang sepanjang tiga kilometer. Pasir pantai ini begitu halus hingga dinobatkan National Geographic sebagai pasir putih terhalus di dunia.

Tak hanya Ngurbloat, Desa Ngilngof juga menyimpan potensi alam yang sayang untuk dilewatkan. Ketika berkunjung ke ikon destinasi wisata di Kepulauan Kei ini, wisatawan dapat berwisata ke Danau Ablel, Bukit Kilyeuw Kilmanut, Hutan Magrove Kawasan Konservasi, hingga Tebing Legenda Nen Te Idar.

Desa Wisata Ngilngof berjarak 15 kilometer dari Kota Langgur atau sekitar 20 menit dengan transportasi darat. Akses jalan raya dua jalur di sana juga sangat baik.

Desa ini telah tersohor sejak ratusan tahun lalu dan pada era 90-an, kerap dikunjungi wisata asing. Tak sedikit dari mereka kala itu datang dengan yacht atau perahu layar dari negara asal masing-masing.

Desa Wisata Ngilngof juga didukung dengan beragam fasilitas. Wisatawan dapat bermalam di penginapan atau homestay. Ada pula kafe dan restoran, area WiFi gratis, gazebo, toilet, ruang pertemuan, balai kesenian, dan rental transportasi darat.


Dari Danau hingga Talud

Desa Wisata Ngilngof juga menyuguhkan panorama alam lain yang super indah, sebut saja Danau Ablel. Dikutip dari laman resmi Ngilngof, danau ini dikelilingi pepohonan dan tanah subut dengan beragam tumbuhan dan buah-buahan.

Ada pula Ngur (Pantai) Yenroa dengan talud di pesisir dan dapat melihat dua keunikan alam, yakni air pasang surut. Saat air pasang, tempat ini akan menawarkan panorama yang indah dengan air laut yang tenang dan jernih.

Wisatawan dapat berenang atau menyewa perahu tradisional untuk memancing. Saat air surut, pantai berubah kering dan dangkal dan dimanfaatkan masyarakat untuk mencari ikan.



Atraksi Lengkap

Terdapat pula Pulau Ohoiew yang ada tepat di depan Desa Ngilngof dengan jarak tempuh kurang dari 10 menit menggunakan speed boat. Keindahan pantai dengan butiran pasir putih yang menjulang ke laut dengan berbagai macam biota laut.

Spot wisata lainnya adalah Teluk (Howat) Hawet yang diapit dua bukit yang padat pepohonan dengan keunikan warnanya. Selain wisata alam, desa ini juga terdapat wisata rohani seperti jejak cinta kasih di Goa Maria Elwew, Gereja Santa Maria Ngilngof, hingga Goa Maria Depan Gereja Ngilngof.

Selain itu, desa ini juga terkenal dengan kulinernya, yakni pisang goreng Enbal Ngurbloat, sayur lat, ikan bakar, siput, dan lainnya. Tersedia pula makanan khas orang Kei, seperti sayur sir-sir, keladi rebus, ikan bakar dan colo colo, ikan kuah kuning, sampai enbal bubuhuk.


Sumber : LIPUTAN6

0 comments: