Di Pantai Binasi, Senjanya Beda Tiap Hari

Rabu, Februari 23, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Tapanuli Tengah - Jajaran pantai di Tapanuli Tengah memang belum banyak disebutkan orang. Tapi ternyata, pantai Indonesia barat tak kalah eksotis dengan daerah timur.

Namanya adalah Pantai Binasi di Kecamatan Sorkam, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatra Utara. Garis pantainya memanjang 7-8 km ke arah Barus. detikTravel menyambangi pantai ini untuk menikmati senja. Pantai Binasi sendiri memang terkenal dengan keindahan senjanya yang berbeda setiap hari.

Karena letaknya yang berada di barat Indonesia, senja turun sangat lambat. Kalau sunset di Jakarta turun sekitar pukul 5, di sini baru akan terlihat pukul 18.30-19.30 WIB.

Pukul 4 sore, sama terangnya dengan pukul 12 siang. Sungguh terik dan panas.

Sama seperti pantai lain di Tapanuli Tengah, masuk ke Pantai Binasi tidak dipungut biaya. Uang parkir pun tak ada. Di pinggir pantai, ada banyak warga yang tinggal dan berdagang. Pondok-pondok kayu dibuat sebagai gazebo untuk wisatawan yang mampir.

Pasir pantai ini sedikit hitam tapi sangat halus. Deburan ombaknya pun sangat asyik dibuat bermain. Yang membuat nyaman, pantai ini cukup dangkal. Jadi banyak anak-anak yang berenang di Pantai Binasi. Apalagi di hari Minggu.

Saat senja mulai turun, langit akan mulai jingga. Bahkan, kalau beruntung kamu bisa melihat senja pink! Matahari turun ke peraduan di ujung laut, bias jingga tersapu hingga ke bibir pantai. Lautan berubah jadi orange. Semakin malam, langit semakin sendu.

Ada rahasia yang jarang orang tahu. Saat berenang malam hari, akan ada terlihat cahaya dari pasir yang menempel di baju. Ternyata, pasir Pantai Binasi mengandung serpihan kerang yang mengkilap.

Saat berenang, akan terlihat kilatan cahaya dari dalam air. Sayang, keindahan ini tak bisa ditangkap oleh kamera handphone.

Sumber : detik.com

0 comments: