Ingin Punya Hubungan Sehat, Ini 6 Hal yang Semestinya Kamu Hindari

Selasa, Februari 22, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ingin Punya Hubungan Sehat, Ini 6 Hal yang Semestinya Kamu Hindari

Suara.com - Hubungan asmara tidak selalu tentang romansa dan saling cinta. Terkadang ada kalanya hubungan berada di fase terndah dan membuat rentan konflik hingga pertengkaran.

Tapi, sebenarnya tidak selalu konflik berarti buruk. Semua itu tergantung bagaimana kita, dan juga pasangan bisa menyikapi dan menghadapinya. 

Nah, jika kamu ingin hubungan sehat, ada enam hal yang mesti diperhatikan. Simak ulasannya yang dikutip dari HealthShots.

Berhenti Mencoba Membuat Orang Berpikir Seperti Anda

Cinta dan rasa hormat adalah hal yang penting dalam hubungan asmara. Sebab, Anda tidak bisa mengharapkan pasangan Anda untuk berpikir seperti yang Anda pikirkan. Istilahnya adalah mudah peka. Padahal, yang paling penting dalam hubungan asmara adalah menerima perbedaannya, serta bersikap baik terhadap hubungan dengan sikap yang lebih realistis.

Berhenti Mencoba Memenangkan Pertarungan

Ilustrasi pasangan bertengkar. (freepik.com/@freepik)

Jika tujuan Anda adalah memenangkan setiap argumen, Anda sedang berada di suatu hubungan yang bermasalah. Meski Anda memiliki kebenaran sendiri, tetapi membuktikannya tidak akan mengubah dinamika hubungan. Sebaliknya, cobalah untuk menemukan solusi. Fokus pada koneksi dan resolusi, bukan pada kemenangan atau merasa paling benar.

Berhenti Menghindari Konflik

Apapun yang Anda rasakan, jangan hanya dipendam bila ingin menjaga keharmonisan. Kejelasan dan komunikasi yang baik menjadi pendorong utama dalam hubungan yang sehat. Alih-alih berasumsi atau menilai, jangan berhenti untuk menghindari konflik. Yang jelas, komunikasi dapat membantu menjernihkan suasana dan kekuatan dalam hubungan.

Berhenti Menyangkal Perasaan

Jangan menekan atau mengekspresikan emosi Anda secara impulsif. Cobalah untuk memprosesnya. Lakukan komunikasi yang baik kepada pasangan, dan berhentilah memaksakan perasaan Anda pada orang lain atau menyangkal perasaan Anda. Dan yang terpenting, terbuka lah dan berbagi apa yang Anda rasakan kepada pasangan. Dengan begitu, ini dapat memperkuat hubungan asmara Anda.

Berhenti Mengharapkan Orang Membaca Pikiran Anda

Ketika Anda ingin kebutuhan Anda terpenuhi, mintalah dan berkomunikasi lah secara efektif. Sebab, orang tidak bisa membaca pikiran Anda, paling tidak ungkapkan apa yang Anda rasakan, dan identifikasi apa yang benar-benar Anda inginkan dalam hubungan.

Berhenti Mengharapkan Orang Berubah

Tidak peduli seberapa besar rasa Anda kepada pasangan, dan berhenti mengharapkan mereka berubah bila mereka tidak peka. Sebab, meminta mereka untuk berubah sesuai yang Anda inginkan hanya berakhir kecewa. Tidak semua pasangan punya waktu untuk selalu ada. Dan yang terpenting, fokus pada nilai-nilai Anda dalam hubungan, jalani komunikasi yang baik, dan perlakukan pasangan sebagaimana Anda mau diperlakukan.




Sumber : SUARA

0 comments: