Jembatan Kereta Api India Ini Diklaim Tertinggi Sedunia, Melebihi Menara Eiffel

Kamis, Februari 03, 2022 Majalah Holiday 0 Comments




    Jaringan kereta api di India telah berkembang ke segala arah dengan cepat untuk membangun salah satu jaringan terbesar di dunia. Saat ini panjang rutenya tersebar di 67.000 km, dengan lebih dari 13.000 kereta penumpang dan 8.000 kereta barang, melayani 23 juta penumpang dan 3 juta ton (MT) barang setiap hari.

Untuk informasi, sejarah kereta api India berasal dari lebih dari 160 tahun.

Menghubungkan daratan melintasi sungai, gurun, gunung, dan jurang telah menjadi perjalanan yang sulit dan pegunungan Himalaya yang luas telah menghadirkan tantangan unik. Tetapi apa yang tampak seperti tantangan yang tidak dapat diatasi akhirnya telah diatasi di Jammu dan Kashmir.

Menurut informasi dari Kedutaan Besar India di Jakarta, Selasa (1/2/2022), jembatan kereta api tertinggi di dunia selesai dibangun pada April 2021. Dibangun pada ketinggian 359 meter, jembatan ini diklaim lebih tinggi dari Menara Eiffel.

"Proyek jalur kereta api Udhampur-Srinagar-Baramulla yang ambisius setelah selesai akhirnya akan menghubungkan lembah Kashmir ke dataran melalui jaringan kereta api, membuat pergerakan orang dan barang menjadi lebih mudah. Setelah selesai, proyek akan menjadi revolusioner untuk Wilayah Persatuan Jammu dan Kashmir karena akan mengubah lanskap ekonomi di sana," jelas pihak Kedutaan India.

Meski bentangan trek ini tidak lebih dari 111 km, namun sepanjang 97,34 km trek ini berupa terowongan. Sebelum kereta mulai melaju di jalur Udhampur – Baramulla, terowongan teknologi tinggi sepanjang 8,5 km yang menghubungkan Qazigund dan Banihal di Jammu & Kashmir dibuka pada tahun 2021 untuk umum.

Terowongan itu akan membuat Kashmir tetap terhubung ke seluruh negeri sepanjang tahun.

Dengan biaya hampir 300 juta USD, terowongan baru ini dibangun di ketinggian 1.790 meter, 400 meter di bawah terowongan yang ada untuk mengurangi ancaman longsoran salju.

Sumber :Liputan6


0 comments: