Jutaan Perajin Tahu Tempe Ancam Mogok Produksi Pekan Depan

Selasa, Februari 15, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

JAKARTA, iNews.id - Ketua Umum Gabungan Koperasi Produsen Tempe Tahu (Gakoptindo) Aip Syarifuddin mengatakan, jutaan perajin tahu tempe berencana mogok produksi pada pekan depan. Hal tersebut imbas naiknya harga kedelai impor. 

"Para perajin akan mogok produksi minggu depan, mulai 21-23 Februari 2022," kata dia kepada MNC Portal Indonesia, Selasa (15/2/2022).

Aip menuturkan, mogok produksi ini tidak dilakukan secara nasional, melainkan hanya beberapa wilayah saja.

"Enggak nasional mogoknya. Cuma beberapa wilayah saja, seperti di DKI Jakarta, Jabodetabek, Jawa Barat," ujarnya.  Aip menjelaskan, mogok produksi ini bakal melibatkan jutaan perajin. Ini disebabkan para perajin rumahan terbebani dengan harga kedelai impor yang melonjak di pasar global. Dalam sehari, perajin membutuhkan 20 kilogram (kg) kedelai, namun karena harga bahan baku melonjak, jumlah kedelai yang dibeli menurun hingga akhirnya mogok produksi. 

 "Perajin rumahan itu sehari beli kedelai 20 kg. Untuk modal dagang biasanya beli Rp9.000-10.000 per kg. Anggaplah kalau mereka beli di harga Rp10.000 kg, kemudian dijual dibikin tahu tempe mereka dapat Rp250.000. Yang Rp50.000 dipakai makan, Rp200.000 buat beli kedelai lagi buat besok. Ternyata, besoknya harga kedelai naik, enggak cukup uang Rp200.000 itu untuk esok harinya," tuturnya. 

Gakoptindo sebenarnya tak berharap para perajin skala kecil itu mogok produksi. Ini mengingat Kementerian Perdagangan sudah berupaya menaikan harga tahu tempe di pasaran.  "Kami tidak mau sampai ada mogok produksi sebenarnya. Kasihan masyarakat juga.

Rencana ini mereka buat sebelum Pak Dirjen Kemendag rapat dengan kami. Bebarengan sebenarnya. Kami rapat, kelompok perajin itu juga rapat," ujar Aip.

"Barusan Pak Dirjen telpon saya. 'Pak Aip jangan jadi mogoknya, kan kami sudah dibantu'. Lalu saya bilang ke Pak Dirjen, 'mereka itu ngumpulin orang tidak mudah'. Saya jadi serba salah jadinya. Bukan maunya saya begitu," kata dia. 

Meski begitu, Aip mengatakan, dia akan tetap berusaha supaya aksi mogok produksi tidak dilakukan para perajin tahu tempe demi kepentingan banyak pihak.
Sumber : iNews

0 comments: