Kawasan Wisata Pantai Gunungkidul Diserbu Turis Saat Libur Imlek 2022

Rabu, Februari 02, 2022 Majalah Holiday 0 Comments



YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Momen libur Tahun Baru Imlek dimanfaatkan oleh wisatawan untuk mengunjungi pantai di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada Selasa (1/2/2022). 

Adapun pengunjung terlihat sudah memadati kawasan pantai sejak siang. "Ada peningkatan dibandingkan hari biasa," kata Koordinator Tempat Pembayaran Retribusi (TPR) Baron, Heri Mulyono, kepada wartawan, Selasa.

Kendati demikian, ia mengakui bahwa peningkatan tidak begitu signifikan lantaran kemungkinan karena libur hanya satu hari, dan masih dipengaruhi pandemi Covid-19. 

Ia mengatakan, kedatangan wisatawan tercatat mulai meningkat sejak Senin (31/1/2022) malam, dan terus meningkat sampai Selasa siang.

Heri memperkirakan akan ada 1.500 sampai 1.700 pengunjung yang masuk lewat TPR utama Pantai Baron pada hari libur ini. Lihat Foto Taman di Pantai Ngrawe, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Sebagai informasi, pada hari biasa, jumlah pengunjung hanya berada di kisaran 500 sampai 600 orang. "Jika dilihat dari plat kendaraan, Kebanyakan dari luar DIY seperti Jawa Tengah. Sebagian besar menggunakan sepeda motor dan mobil pribadi," kata Heri.

Salah satu pedagang di Pantai Ngrawe, Riyanti, mengakui ada peningkatan dibandingkan hari biasa. "Sudah meningkat kunjungannya tetapi memang masih belum seperti saat sebelum pandemi," kata Riyanti. 

Pantai Ngrawe, atau sering disebut Pantai Mesra, dalam beberapa waktu terakhir menjadi salah satu tempat wisata yang kerap dikunjungi wisatawan. Penataan kawasan pantai yang cukup berbeda dibanding yang lainnya menjadi salah satu daya tarik pantai tersebut.

Sumber : kompas

0 comments: