Kenapa Indonesia Bisa Kalahkan Selandia Baru Sebagai Negara Terindah di Dunia?

Kamis, Februari 17, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Liputan6.com, Jakarta - Situs asal Inggris, Money.co.uk menempatkan Indonesia sebagai negara terindah di dunia. Indonesaa mengalahkan Selandia Baru dan Kolombia yang berada di peringkat kedua dan ketiga.

Predikat Indonesia sebagai negeri terindah itu dirilis oleh money.co.uk pada 7 Februari 2022. Dalam keterangan di situs tersebut, setiap negara dianalisis berdasarkan tujuh faktor seperti gunung berapi, pegunungan, terumbu karang, kawasan lindung, garis pantai, hutan hujan, serta gletser.

Setiap faktor dihitung per 100.000 kilometer persegi (dengan angka luas lahan yang bersumber dari Bank Dunia), sebelum diberi skor yang dinormalisasi dari 10 untuk setiap faktor sebelum skor rata-rata di ketujuh faktor diambil. Analisis ini dibatasi hanya negara-negara yang terdaftar di Bank Dunia, dengan wilayah dependensi yang dikecualikan.

Dilansir dari laman resmi money.co.uk, Indonesia didapuk menjadi negara terindah di dunia karena menjadi rumah bagi lebih dari 17 ribu pulau, yang berarti memiliki lebih dari 50.000 km garis pantai. Di lepas pantai pulau-pulau ini, terdapat terumbu karang, penuh dengan kehidupan, yang sebagian besar dapat dijelajahi, termasuk Bali sebagai destinasi wisata populer.

Mereka juga menyoroti destinasi yang menyuguhkan keindahan alam seperti hutan tropis di Sumatera dan Kalimantan (termasuk cagar alam orangutan) dan sejumlah Situs Warisan Dunia UNESCO seperti Taman Nasional Komodo. Penulis money.co.uk yang sekaligus Personal Finance Editor Sal Haqqi mengatakan, keajaiban alam yang indah dan menawan ini menjadi daya tarik besar bagi para wisatawan dari penjuru dunia.

Setelah Indonesia, Selandia Baru menempati posisi kedua negara terindah di dunia. Penulis menekankan bahwa Selandia Baru atau New Zealand adalah rumah bagi perbukitan, puncak gunung yang tajam (termasuk Pegunungan Alpen Selatan) dan sejumlah gunung berapi aktif.


Syuting Film

Selandia Baru juga memiliki jumlah gletser yang tinggi, dengan lebih dari 5.000 per 100.000 kilometer persegi dan garis pantai yang panjang lebih dari 15.000 kilometer persegi.

"Dengan bentang alam yang sangat beragam, ribuan orang berduyun-duyun ke Selandia Baru untuk mencicipi keajaiban alamnya sendiri," tulis situs tersebut. Terbukti, banyak film dan acara televisi memilih negara itu sebagai lokasi syuting untuk menggambarkan lokasi fantasi, seperti Middle-earth dalam film trilogi The Lord of the Rings.

Fim yang diangkat dari novel laris itu semua filmnya meraih sukses secara komersil serta mendapatkan banyak penghargaan bergengsi termasuk Oscar. Keberhasilan film tersebut semakin mengangkat pamor Selandia Baru, terutama dalam bidang wisata.


Hutan Tropis

Yang cukup mengejutan, Kolombia berada di urutan ketiga. Sama seperti Indonesia serta Selandia Baru, negara di Amerika Selatan ini garis pantai yang panjang, terutama di sepanjang pantai Karibia.

Alasan lainnya, Kolombia memiliki lanskap yang sangat bervariasi, dari pegunungan Andes hingga hutan hujan Amazon. Kolombia mendapat nilai sangat tinggi karena merupakan rumah bagi 500.000 kilometer persegi hutan tropis. 


10 Negara Terindah

Berikut daftar 10 teratas negara terindah di dunia versi situs money.co.uk, beserta skor yang diperoleh:

1. Indonesia (Skor 7,7/10)

2. Selandia Baru (Skor 7,27/10)

3. Kolombia (Skor 7,16/10)

4. Tanzania (Skor 6,98/10)

5. Meksiko (Skor 6,96/10)

6. Kenya (Skor 6,70/10)

7. India (Skor 6,54/10)

8. Prancis (Skor 6,51/10)

9. Papua Nugini (Skor 6,39/10)

10. Komoro (Skor 6,22/10)

 

Urutan selanjutnya (11 sampai 20) adalah; Ekuador (Skor 6,09), Amerika Serikat (Skor 6,03), Vanuatu (Skor 6,02), Jepang (Skor 6,00), Kepulauan Solomon (Skor 5,97), Italia (Skor 5,87), Filipina (Skor 5,80), Peru (Skor 5,66), Australia (Skor 5,65), dan Kosta Rika (Skor 5,65).



Sumber : LIPUTAN6

0 comments: