Mengenal Vilnius, Lokasi Syuting Stranger Things 4 di Lithuania

Selasa, Februari 22, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Liputan6.com, Jakarta - Proses syuting serial Stranger Things 4 salah satunya berlokasi di Vilnius. Ini merupakan kota tua abad pertengahan terbesar di Lithuania, sekaligus ibu kota negara tersebut.

Merujuk laman govilnius.lt, Jumat (18/2/2022), pengambilan gambar serial tersebut bertempat di lokasi-lokasi di sekitar ibu kota Lithuania. Latarnya termasuk bekas penjara berusia seabad yang baru saja ditutup.

Vilnius pernah jadi bagian dari Polandia sebelum 1939, tapi kini jadi ibu kota Lithuania. Di kota ini banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi para turis, seperti Menara Kastil Gediminas yang dibangun pada awal abad ke-15.

Ada juga Museum of Occupations and Freedom Fights atau Museum Genosida. Museum ini jadi salah satu yang paling terkenal di Vilnius yang merupakan bukti pendudukan Uni Soviet di Lithuania kala itu.

Persiapan produksi serial laris itu dimulai November 2021 lalu dan syuting dilaporkan selesai pada 14 Februari 2022. Menggoda penggemar dengan rangkaian kata ikonis, "Every ending has a beginning," serial yang dibintangi Millie Bobby Brown ini akan dirilis pada 27 Mei 2022 untuk volume satu dan volume duanya pada 1 Juli 2022.

Selain di Penjara Lukiskes, syuting juga dilaporkan berlangsung di lokasi lain di Lithuania. Negara ini sendiri terletak di bagian utara Eropa dengan penduduk tiga juta jiwa. Dari jumlah tersebut, mereka banyak tinggal di Vilnius. 


Soal Penjara

Penjara yang jadi lokasi syuting serial Stranger Things 4 ini dibangun dan mulai menahan narapidana pada awal 1900-an. Penjara itu baru saja berhenti beroperasi tahun lalu.

Selama abad ke-20 yang penuh gejolak di Vilnius, termasuk rezim yang saling bertukar dari kekaisaran Rusia, Uni Soviet, Nazi Jerman, hingga akhirnnya Lituania merdeka, semua menggunakan struktur tersebut sebagai penjara.

Sutradara serial tersebut, Shawn Levy, mengatakan, sejak awal serial ini telah menginspirasi semua orang yang mengerjakannya. "Petualangan saya di sini, di Lituania, jadi inspirasi besar. Kami sangat berterima kasih kepada kota Vilnius dan negara Lituania yang indah atas keramahan mereka," katanya.


Syuting Film Lain

Vilnius jadi lokasi syuting yang semakin populer di kalangan pembuat film secara global. Tayangan hits lainnya seperti Chernobyl dari HBO, Young Wallander dari Netflix, dan Tokyo Trial juga direkam di Vilnius dalam beberapa tahun terakhir.

Kota ini menarik produksi profil tinggi karena sejarahnya yang beragam. Wilayah ini juga mampu memberi latar belakang yang mewakili periode sejarah yang berbeda, serta memiliki tenaga kerja industri film yang sangat terampil.


Sinopsis

Melansir dari laman Games Radar, serial ini akan terdiri dari delapan episode panjang. Namun, Stranger Things 4 tidak akan jadi serial yang terakhir.

Stranger Things 4 akan berjanji akan jadi season paling menakutkan. Episode pertamanya berjudul The Hellfire Club yang akan menjadi nama klub Dungeons dan Dragons yang berbasis di Hawkins.

Serial ini merupakan salah satu season yang paling ditunggu-tunggu penggemarnya. Banyak perubahan baru yang dilakukan sejak syuting yang seharusnya selesai pada Agustus 2020, tapi harus molor karena dampak Covid-19.



Sumber : LIPUTAN6

0 comments: