Minta Harga Teman hingga Utang Tak Dibayar, Hindari Kebiasaan Ini agar Bisnis Lancar

Kamis, Februari 03, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


JAKARTA, KOMPAS.com - Pebisnis harus memiliki etika agar mitra yang diajak berkolaborasi merasa nyaman dan tidak terbebani. 

Karena itu, kamu harus paham, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebagai pebisnis agar usaha yang dijalankan bisa berkelanjutan dan mitra bisnis kamu betah berkolaborasi dengan kamu. Mengutip Siapnikah.org, setidaknya ada tiga hal yang harus kamu hindari ketika kamu menjalin relasi bisnis dengan orang lain.

1. Selalu mengandalkan teman
Ketika membayar Mungkin kamu sering mendengar kata “Dari lo dulu ya." Atau, "Talangin dulu ya, nanti gue transfer.” Kalau kamu terbiasa seperti itu, segera hentikan kebiasaan buruk tersebut. 

Baiknya kamu mulai untuk sedikit "bertanggung jawab", minimal membayar sendiri makanan kamu saat itu. Jika kita diundang, ada baiknya pesan makanan atau minuman yang tidak lebih mahal dari teman yang mengajak kita ke undangan tersebut. Jangan aji mumpung. 

2. Minta harga teman 
Seseorang pontang panting dalam membangun bisnisnya, tidak sepantasnya dimintai untuk memberikan harga lebih murah hanya karena label ‘teman’. 

Justru sebagai teman dekat, sudah sepantasnya kamu mendukung usaha teman sendiri dengan membeli barang atau menggunakan jasa mereka sesuai dengan nominal yang ditawarkan. Beda hal kalau memang mereka sendiri yang menawarkan diskon atau sudah memotong harga menjadi di bawah pasaran.

Hargailah karya teman dan dukung sebisa mungkin dengan membeli tanpa menawar, atau sekadar bantu mempromosikannya. Setidaknya ada hal positif yang dilakukan ketimbang sekadar minta harga teman.

3. Utang yang tak kunjung dikembalikan 

Urusan pinjam meminjam memang kadang bisa menjadi kompleks dalam hubungan bisnis. Tak jarang seseorang yang sebelumnya punya sikap manis saat meminjam uang ke temannya, sikapnya berubah saat ditagih. Belum lagi, pembayaran molor lama. Perlu diingat bahwa orang yang meminjami uang juga punya kebutuhan yang harus dipenuhi. 

Bisa jadi, uang yang dipinjam itu adalah uang yang akan dia pakai untuk menutup kebutuhannya. Karena itu, jika kamu seorang pebisnis, jangan sampai kamu merepotkan mitra kamu. 

Jika kamu punya uang ke mereka, segera bayar atau lunasi agar mereka pun menghargai kamu dan nyaman untuk terus bekerja sama.


Sumber : kompas

0 comments: