Misteri Arca Gayatri, Konon Bisa Mengangguk dan Berkedip

Senin, Februari 07, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


JAKARTA - Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan bercorak Buddha terbesar di Indonesia. Kerajaan ini terkenal akan kedigdayaannya di masa lampau, membuat kerajaan-kerajaan lain segan akan keberadaannya. 

Kerajaan Majapahit juga memiliki sejumlah peninggalan yang menggambarkan keperkasaan mereka. Salah satunya adalah Candi Gayatri.

Terletak di Dukuh Dadapan, Desa Boyolangu Tulungagung Jawa Timur, Candi Gayatri dikabarkan ditemukan oleh penduduk setempat tahun 1914.

Candi ini konon merupakan makam dari Putri Gayatri, istri dari Raden Wijaya. Putri Gayatri bernama Dyah Prajnaparamita atau Gayatri Sri Rajapatni adalah istri keempat Raden Wijaya.

Putri Gayatri memiliki cita-cita luhur untuk mempersatukan nusantara, suatu hal yang dia dapatkan setelah meninggalnya sang ibu dari Kerajaan Singasari.

Adalah Hayam Wuruk yang diketahui membangun pemakaman ini sebagai bentuk penghormatan kepada sang raja. Makam ini dibangun sekitar tahun 1350an di masa Hayam Wuruk memimpin Kerajaan Majapahit.

Candi Gayatri merupakan kompleks candi yang memiliki tiga bangunan perwara. Di antara ketiga bangunan tersebut, terdapat induk perwara yang lebih besar dari bangunan lain. 

Bangunan induk terdiri dari dua teras berundak yang hanya tinggal kaki bangunannya. Bangunan ini berbentuk persegi dengan panjang dan lebar 11, 40 meter, dan ketinggian sekitar 2,30 meter.

Selain itu, terdapat juga sebuah arca yang sudah rusak, namun dalam kondisi masih bagus. Arca ini memiliki sebutan sebagai arca Gayatri.

Arca Gayatri konon memiliki keanehan. Kendati hanya sebuah patung, arca ini dikabarkan bisa berkedip dan mengangguk layaknya manusia.

Patung yang menjadi peninggalan Kerajaan Majapahit itu akhirnya dipenggal oleh Belanda. Belanda beranggapan bahwa patung itu bisa membawa sial bagi pemerintahannya.

Awalnya bangunan Candi Gayatri terkubur di dalam tanah, lalu digali oleh penduduk setempat karena rupanya di dalam terdapat bangunan candi beserta patung-patung kuno yang masih terkubur.

Sumber : okezone

0 comments: