Misteri Pulau Trembini di Pantai Payangan Jember, Hanya Dihuni Wanita

Selasa, Februari 15, 2022 Majalah Holiday 0 Comments



Solopos.com, JEMBER — Peristiwa kecelakaan air yang menewaskan 11 orang di Pantai Payangan, Kabupaten Jember, Jawa Timur (Jatim), Minggu (13/2/2022), menghadirkan sederet kisah misteri atau mitos. Salah satu kisah misteri atau mitos terkait Pantai Payangan, Jember, adalah keberadaan sebuah pulau gaib, yang oleh penduduk sekitar dikenal sebagai Pulau Trembini.

Dikutip Solopos.com dari kanal Youtube Zona AM, keberadaan Pulau Trembini hingga kini masih belum bisa dipastikan kebenarannya. Meski demikian, mitos tentang Pulau Trembini itu sudah beredar sejak lama dan turun temurun dari generasi ke generasi yang ada di sekitar wilayah Pantai Payangan Jember.

Konon Pulau Trembini merupakan pulau yang gaib, atau tidak kasat mata. Pulau ini terbentuk dari endapan sampah yang menjadi daratan. Konon, manusia yang mendarat di pulau gaib itu tidak bisa lagi ke dunia, atau pulang dalam kondisi meninggal dunia.

Pulau Trembini juga dipercaya hanya diisi oleh para kaum hawa, atau wanita. Pria dilarang menghuni pulau tersebut. Jika pantangan itu dilanggar, pria tersebut akan mati atau tidak bisa kembali ke asalnya.

Pulau Trembini yang dipercaya sebagai pulau gaib itu diyakini para nelayan pantai selatan terletak di Laut Selatan Kabupaten Jember hingga Kabupaten Malang. Meski demikian, ada juga yang meyakini jika letak pulau gaib Trembini itu berada di dekat Pulau Nusa Barung.

Dilansir dari wikipedia.org, Nusa Barung adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa. Pulau ini berada dalam wilayah Desa Puger Kulon, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Pulau ini merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang terletak di Samudra Hindia. Pulau Nusa Barung juga telah ditetapkan sebagai cagar alam semenjak 1920 silam.

Sementara itu, kendati masih belum dipastikan keberadaanya, namun para warga sekitar Pantai Payangan Jember, terutama yang berprofesi sebagai nelayan masih meyakini adanya pulau gaib, Pulau Trembini. Bahkan, para nelayan itu menceritakan kisah misteri atau mitos keberadaan Pulau Trembini itu kepada anak cucunya hingga berkembang hingga saat ini.

Selain Pulau Trembini yang dipercaya sebagai pulau gaib, mitos atau kisah misteri di Pantai Payangan Jember juga terdapat pada Bukit Syarat. Bukit Syarat yang merupakan salah satu bukit di Pantai Payangan Jember dipercaya sebagai tempat orang-orang menggelar ritual mulai dari pesugihan hingga mencari kekuatan.

Sementara itu peristiwa tragis yang terjadi di Jember berawal dari acara ritual yang dilakukan 24 orang dari Kelompok Tunggal Jati Nusantara pada Minggu kemarin. Dari 24 orang itu, 20 orang di antaranya melakukan ritual dengan cara bersemedi di tepi Pantia Payangan.

Nahas, 20 orang itu tersapu ombak dan terseret arus hingga mengakibatkan 11 orang di antaranya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Sementara 9 orang lainnya dilaporkan selamat.

Sumber :solopos

0 comments: