Pesona Desa Penglipuran Terbersih di Dunia, Bikin Pengen Liburan Terus

Senin, Februari 21, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

BANYAK hal yang menarik bila berbicara tentang Pulau Dewata. Keindahan alam dengan pulau-pulau nya yang eksotis dan memukau. Juga budaya serta ritual yang menarik.

Banyak orang yang ingin menjejakkan kaki dengan berkunjung ke Bali. Mulai dari pelancong lokal hingga pelancong internasional.

Salah satu destinasi yang menjadi favorit adalah Desa Penglipuran, sebuah desa yang termasuk dalam desa adat di Bali. Desa ini berada di Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

Menariknya, Desa Penglipuran dinobatkan sebagai desa terbersih dunia loh. Mustahil menemukan sampah yang berserakan, bising kemacetan, serta polusi udara.

Demi menjaga kebersihan, masyarakat setempat menyediakan tempat sampah di desa.

Suasana desa yang dipenuhi dengan tanaman hijau nan asri, juga bunga-bunga, kondisi sekeliling jalan yang begitu tenang dan nyaman, terasa menakjubkan.

Desa ini dibangun dengan Konsep Tri Mandala. Tata ruang desa dibagi menjadi tiga wilayah, yakni Utama Mandala, Madya Mandala dan Nista Mandala. Pembagian wilayah tersebut diurutkan dari wilayah paling utara hingga paling selatan.

Seperti yang terlihat dalam unggahan video di Tiktok @balikami.com, yang telah ditonton sebanyak 5,3 juta kali.

Tampak dalam video, pemandangan desa yang asri dan memanjakan mata. Ditambah udara yang dingin segar dan bersih.

Sembari berjalan keliling desa, terdapat warung-warung yang menjajakan mulai dari makanan, kerajinan tangan, pakaian hingga aksesori.

“Suasananya damai banget,” tulis seorang pengguna.

“Bersih banget jalanannya nggak ada tikus gepeng,” tambah yang lain.

“Asri banget, masyarakatnya juga ramah-ramah,” tulis seseorang.

Sumber : okezone

0 comments: