Pratama Arhan, Bocah Penakut yang Meroket ke Jepang

Kamis, Februari 17, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Pratama Arhan (kiri) sempat malu ikut SSB saat masih kecil. (AFP/ROSLAN RAHMAN)

Jakarta, CNN Indonesia -- Pratama Arhan yang akan segera bergabung dengan klub Tokyo Verdy ternyata sempat malu mempertunjukkan bakat saat kali pertama diajak latihan di sebuah Sekolah Sepak Bola (SSB).

Bek kiri Timnas Indonesia itu mengaku diperkenalkan dengan sepak bola oleh sang kakak. Namun ketika baru masuk SSB, Arhan kecil merasa malu.

"Waktu itu saya masih kelas SD. Dulu saya sempat takut dan malu sama teman-teman di SSB. Saya waktu pertama kali masuk itu saya enggak mau latihan. Sampai rumah saya dimarahi kakak saya."


"Setelah itu besoknya itu saya ikut latihan, saya percaya diri saja ikut, dari situ saya mulai senang. Kenal banyak teman, terus banyak pengalaman juga." kenang Arhan.

Pemuda kelahiran Blora, Jawa Tengah, itu kemudian pindah ke Semarang guna melanjutkan impian dan cita-cita menjadi pesepakbola andal. Nasib baik menaungi Arhan yang kemudian mendapat tempat di tim PSIS Semarang, mulai U-18, U-20, hingga tim.

"Setelah dinaikkan ke PSIS senior beberapa hari kemudian saya dapat panggilan timnas. dari situ sangat bangga, sangat senang walaupun belum keterima, baru seleksi," kata Arhan dikutip dari PSIS TV.

"Di situ saya hanya memikirkan saya harus menunjukkan permainan saya, saya harus bisa memaksimalkan kesempatan ini. Alhamdulillah saya di terima, waktu itu TC [training centre] ke Thailand sama pelatihnya coach Shin Tae Yong. Dari situ banyak banget pengalaman yang saya ambil. Harus mental kuat, fisik harus kuat, teknik juga harus tetap diasah, komunikasi, dan tanggung jawab itu harus diperbaiki lagi," tambahnya.

Di bawah asuhan Shin, Arhan kemudian berkembang menjadi pemain yang tak hanya tampil di level kelompok umur. Kendati belum genap 20 tahun pada tahun lalu, Arhan mendapat tanggung jawab besar menempati posisi bek kiri di Timnas Indonesia senior.

Performa stabil membuat posisi Arhan kukuh tak tergeser. Termasuk saat tampil di Piala AFF 2020.

Pada ajang antarnegara Asia Tenggara tersebut, Arhan yang mendapat predikat pemain muda terbaik. Setelah ingar bingar Piala AFF, giliran nama Arhan yang mencuat. Gosip-gosip liar berseliweran mengenai masa depan Arhan.

Hingga kemudian pada Rabu (16/2), Tokyo Verdy mengumumkan Arhan sebagai bagian dari eks juara liga Jepang tersebut.


Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: