Psikolog Berbagi Tips Mencari Pasangan: Jangan Buru-Buru Memilih karena Umur

Jumat, Februari 18, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

BANYAK orang menargetkan usia tertentu untuk menikah. Akan tetapi, jangan memaksakan sesuatu hanya karena takut apa yang sudah direncanakan tidak sesuai dengan rencana.

Dalam memulai sebuah hubungan, tahap yang paling penting adalah berkenalan dengan seseorang. Oleh karena itu, sangat penting agar tidak memaksakan diri dan akibatnya menjadi terburu-buru.

Inez Kristanti, psikolog klinis dan pakar hubungan mengatakan hal pertama yang harus diingat adalah tidak kejar target karena sudah memiliki umur yang cukup untuk menikah.

Pacaran

"Perlu diingat, bahwa jauh lebih penting menemukan pasangan yang sesuai untuk kamu, daripada sekadar mengejar target waktu. Karena setelah berkomitmen pun, kita ingin menjalani hubungan yang nyaman dan bahagia untuk kita," ujar Inez seperti dilansir dari Antara.

Dalam mencari pasangan, tidak masalah untuk menetapkan standar akan tetapi hal tersebut harus realistis dan jelas. Misalnya, Anda menginginkan anak di masa depan, maka jangan paksakan hal ini kepada pasangan yang tidak berencana untuk memiliki keturunan.

"Membangun komunikasi yang sehat dengan pasangan menjadi penting dari sebuah hubungan, dan ini harus dilakukan sejak awal.

Selain itu berkencan atau berkenalan dengan seseorang harus menjadi pengalaman yang menyenangkan. Tidak perlu terlalu terpaku pada target sehingga melupakan esensi dari berkencan yang sebenarnya.

Berkencan dapat membuat Anda lebih mengenal satu sama lain dan menikmati waktu berdua. Bagi yang berorientasi untuk komitmen jangka panjang, Anda dapat melihat apakah orang yang dikencani cocok untuk menjadi pendamping.

"Kamu tidak bisa memaksa kapan koneksi yang sesuai akan datang, berkencan merupakan sebuah pengalaman dan setiap orang berhak untuk bersenang-senang. Jadi, lakukanlah yang bisa dilakukan sambil tetap menikmati prosesnya," kata Inez.


Sumber : okezone.com

0 comments: