SBY Berkisah tentang Kampung Halaman Lewat Lukisan

Senin, Februari 07, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Liputan6.com, Jakarta - Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY banyak meluangkan waktu untuk menjalani kecintaannya pada melukis. Presiden ke-6 RI ini kerap menuangkan kreativitasnya dengan melukis pemandangan alam.

Salah satu panorama yang diabadikannya ke dalam kanvas adalah kampung halamannya di Pacitan, Jawa Timur. Ayah AHY dan Ibas ini menunjukkan tiga buah lukisan yang menggambarkan tempat kelahirannya tersebut.

Lukisan-lukisan ini diunggahnya melalui Instagram Ani Yudhoyono In Memoriam. Lukisan pertama menampilkan bangunan kayu yang berada dikelilingi hamparan hijau rerumputan dan pepohonan.

Di sisi bangunan tersebut juga dilukiskan bebatuan dan tanah yang kecokelatan. Terlihat pula langit yang biru dengan awan-awan putih di sekitarnya.

"Saya dilahirkan di desa Tremas, Pacitan. Saya tumbuh sebagai anak-anak dan remaja di kawasan perdesaan, pegunungan dan pantai," jelas SBY dalam unggahan pada 27 Januari 2022 itu.

Maka dari itu, SBY menyebut bahwa pemandangan alam yang kerap ia lukis umumnya bernuansa "countryside". Lukisan tentang kampung halamannya itu tidak hanya sebagai cerminan dari pengalaman hidup di masa remaja.

 


Dari Jepretan Mendiang Ani

"Setelah menikah dengan istri tercinta Ani Yudhoyono (almarhumah), kami berdua juga senang menjelajahi alam ciptaan Tuhan yang selalu indah," terang SBY.

Kenangan manis itu pula yang saat ini SBY abadikan dalam lukisan. Ia melukis dalam proses belajar untuk mengasah kemampuannya di dunia seni lukis.

"Jepretan kamera Ani Yudhoyono yang saya tuangkan di atas kanvas hampir semua merupakan pemandangan alam," tambahnya


Bernuansa Alam

"Hari ini saya persembahkan tiga foto lukisan saya yang menggambarkan suasana perdesaan dalam lingkungan alam yang indah, baik yang ada di tanah air maupun di negara sahabat. Semoga berkenan. *SBY*" kata SBY.

Berlanjut dengan lukisan kedua dengan bidang tanah yang menurun. Pada bagian atas, tengah dan bawahnya terdapat rumah-rumah kecil yang dikelilingi rerumputan dengan gradasi warna hijau tua, hijau muda, hingga menguning.

Terdapat pula pepohonan yang tak hanya bernuansa hijau, tetapi juga memerah, oranye, dan menguning. Lukisan ketiga menggambarkan bangunan kayu yang berada di tengah lahan hijau yang luas dengan pagar kayu dan pepohonan rimbun di sekelilingnya.




Sumber : LIPUTAN6

0 comments: