Simak! Ini Daftar Pencarian Terpopuler di Google Sepanjang 2021, Bisa Jadi Peluang Bisnis

Rabu, Februari 23, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


JAKARTA - Daftar pencarian terpopuler Google sepanjang 2021. Bahkan, dari daftar ini banyak yang mencari juga perihal keuangan hingga makanan dan minuman. Tentu ini menjadi peluang bisnis.

Laporan ini dipublikasikan Google Indonesia yang meluncurkan year in search report 2021 atau pencarian terpopuler sepanjang 2021.

Google mencatat di tengah pandemi covid 19 terjadi pergeseran perilaku konsumen yang tergambar dari tren pencarian yang dilakukan.

Head of Ads Marketing Google Indonesia Yolanda Sastra menjelaskan, pada 2021 perpindahan masyarakat ke digital itu terus berlanjut. Seperti yang terjadi saat ini makin banyak orang yang memanfaatkan sistem online untuk mengakses layanan yang terbatas PPKM.

"Di semester awal 2021, ada 21 juta pengguna internet baru di Indonesia, dan sebagian besar berasal dari area non metro," ujar Yolanda pada media briefing, Jakarta, Selasa (22/2/2022).

Yolanda menjelaskan ada beberapa pencarian tertinggi sepanjang tahun 2021. Misalnya seperti technology, media dan entertaint, transport dan travel, finance, beauty and personal care, hingga food and beverage.

"Di tengah adanya pembatasan mobilitas ini, penetrasi digital semakin cepat, ada peningkatan sebesar 57% pada pencarian monitor untuk sekolah, dan juga 97% kenaikan pada pencarian air fryer," sambung Yolanda.

Yolanda menambahkan pada tahun 2021 terjadi kenaikan sebesar 78% untuk pencarian rekomendasi elektronik. Selain itu juga terjadi kenaikan sekitar 82% untuk konten review Gadget.

Selain itu ada industri kecantikan dan personal care. Menurut Yolanda di Industri ini konsumer Indonesia tidak hanya semakin peduli pada manfaat yang di dapat tapi juga ketertarikannya mengetahui bahan baku yang ada di dalamnya.

"Kita lihat pada search trend di tahun 2021, pencarian terharap produk skincare pria juga semakin meningkat, pencarian serum pria itu naik sekitar 57% demikian juga facial wash naik sebesar 62%," lanjutnya.

Yolanda menambahkan pada tahun 2021 juga terjadi peningkatan terhadap pencarian barang-barang untuk menciptakan spa experience, atau untuk merawat diri di rumah.

"Seperti contohnya lulur kopi yang naik 83% di Google selama tahun 2021," lanjut Yolanda.

Sedangkan pada food and beverage juga mengalami peningkatan pencarian pada beberapa produk. Seperti opsi makanan yang lebih sehat.

"Contohnya plant-based food products naik sebesar 233%, dan makanan rendah lemak itu naik 69%," kata Yolanda.

Selain itu ada beberapa pencarian makanan di google yang mengalami kenaikan sepanjang tahun 2021, seperti pizza 1 meter naik sekitar 1.500%.

"Bahkan pencarian pada dalgona, candy itu naik sekali pada saat series squid game itu tranding," pungkas Yolanda

Sumber : okezone

0 comments: