Singapura Bakal Perluas Program Perjalanan Bebas Karantina

Senin, Februari 21, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Singapura bakal perluas program perjalanan tanpa karantina untuk sejumlah negara. (joinbrand/Pixabay)

Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) mengumumkan akan memperluas program perjalanan tanpa karantina ke Hong Kong, Qatar, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab (UEA) per Februari, Rabu (16/2).

Selain itu, Singapura bakal mempersingkat waktu karantina bagi pengunjung dari berbagai negara. Singapura juga akan menghapus kebijakan izin masuk untuk pemegang visa jangka panjang, membuat ekspatriat lebih mudah datang ke negara itu.

Pada Desember lalu, Singapura menangguhkan kedatangan internasional dengan skema jalur perjalanan vaksinasi (VTL) sementara waktu. Skema perjalanan VTL ini mengizinkan pendatang asing yang sudah vaksinasi Covid-19 lengkap dari negara-negara tertentu masuk Singapura tanpa harus menjalani karantina.


Walaupun demikian, ada beberapa syarat yang diperlukan untuk mengikuti skema VTL ini, yaitu mendapatkan vaksinasi lengkap dan memiliki asuransi perjalanan. Adapun besaran pertanggungan minimum untuk asuransi sebesar 30.000 dolar Singapura atau sekitar Rp315 juta.

Keputusan ini dibuat kala kasus Covid-19 di Singapura masih cukup tinggi.

Mengutip Channel News Asia, Singapura mencatat 19.420 kasus harian Covid-19 baru sampai pada Selasa (15/2). Sebanyak 19.179 kasus adalah kasus lokal dan 241 lainnya adalah infeksi impor.

Padahal di awal pandemi Covid-19, kasus harian Covid-19 di Singapura tak pernah menyentuh seribu.

Selain itu, Singapura melaporkan tujuh kematian di hari yang sama, menambah total kematian akibat Covid-19 di negara itu mencapai 913 kasus.



Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: