Sirindhorn, Putri Thailand Sohib Xi Jinping Hadir di Olimpiade Beijing

Senin, Februari 07, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Putri Sirindhorn pertama kali mengunjungi China pada 1980, lima tahun setelah Beijing dan Bangkok menjalin hubungan diplomatik. (Foto: AP/Carl Court)

Jakarta, CNN Indonesia -- Putri Thailand Maha Chakri Sirindhorn menjadi salah satu perwakilan kepala negara yang hadir dalam pembukaan Olimpiade Musim Dingin Beijing, China, pada Jumat (4/2).

Putri Sirindhorn disambut langsung oleh Menteri Luar Negeri China Wang Yi di Diaoyutai State Guesthouse.

Dalam pertemuan itu, Wang mengungkapkan keinginan China untuk mempererat hubungan dan kerja sama dengan China.


Dikutip China Daily, Wang Yi bahkan menganggap Putri Sirindhorn sebagai sahabat lama China. Menurutnya, sang putri merupakan simbol kekeluargaan antara China-Thailand.

Putri Sirindhorn memang dikenal sangat dekat dengan China dan para pejabat berkuasa, termasuk Presiden Xi Jinping.

Menurut media Partai Komunis China, Global Times, Putri Sirindhorn merupakan anggota kerajaan Thailand pertama yang mengunjungi Negeri Tirai Bambu.

Sirindhorn merupakan utusan persahabatan sekaligus penerima Medali Persahabatan China. Ia mahir dalam bahasa Mandarin, musik, lukisan dan sangat menyukai budaya Tiongkok.

"Ibu saya pernah bilang orang China senang membaca dan belajar, dan saya bisa menambah wawasan jika bisa mengerti Bahasa Mandarin. Ternyata ibu saya benar," kata Putri Sirindhorn.

Foto: AFP/GREG BAKER
Putri Thailand Maha Chakri Sirindhorn disambut hangat oleh Presiden Chna Xi Jinping saat mengunjungi Beijing untuk ke sekian kalinya pada 2019. (Photo by GREG BAKER / POOL / AFP)

Ia pernah menerbitkan sejumlah buku dan catatan perjalanan tentang China. Beberapa judul seperti Treading the Dragon Land and Forward A-Far the Sand Streams dan A Return To Motherland of China pernah ia terbitkan.

Saking cintanya dengan China, ia tercatat sudah hampir 50 kali melakukan kunjungan ke negara tersebut. Hampir seluruh provinsi, kotamadya, dan daerah otonom China pun pernah ia kunjungi.

Putri Sirindhorn pertama kali mengunjungi China pada 1980, lima tahun setelah Beijing dan Bangkok menjalin hubungan diplomatik.

Sirindhorn juga tercatat pernah menghadiri sejumlah acara penting seperti serah terima Hong Kong dan Makau serta Olimpiade Beijing, termasuk yang sedang digelar saat ini.


Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: