Sumba Masuk Daftar 30 Destinasi Wisata Terbaik untuk Dikunjungi di 2022 versi Conde Nast Traveler

Selasa, Februari 15, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Liputan6.com, Jakarta - Keindahan destinasi wisata di Indonesia kembali mendapat pengakuan dunia. Majalah perjalanan dan gaya hidup Condé Nast Traveler atau CNT memasukkan Sumba sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di 2022 yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan di seluruh dunia.

Daftar itu memuat 30 tempat wisata yang tersebar di berbagai belahan dunia. Sumba dinilai Conde Nast Traveler bisa menjadi alternatif wisatawan yang ingin berkunjung ke Bali, yang selama ini populer sebagai destinasi wisata para wisatawan dunia

Dilansir dari laman CNT, Senin, 14 Februari 2022, menurut mereka dengan adanya jutaan wisatawan dunia yang datang ke Bali setiap tahunnya, menemukan destinasi seperti pantai atau air terjun yang tenang tanpa terlalu banyak pelancong di sekitarnya menjadi lebih sulit. Untuk itu, Sumba bisa menjadi alternatif bagi wisatawan yang mencari ketenangan dan senang bertualang.

"Kalau Anda menginginkan perjalanan pasca-pandemi yang tenang dan senang mengeksplorasi hutan belantara, lebih baik naik pesawat selama sekitar 50 menit menuju timur Bali, yaitu ke Sumba," tulis mereka. Nihi Sumba, sebuah resor eksklusif di NTT ikut disinggung dalam tulisan tersebut.

Mereka menuliskan, tempat tersebut pada beberapa tahun belakangan menjadi destinasi utama para peselancar berkantong tebal. Namun seiring berkembangnya pariwisata Sumba, kini ada banyak alternatif akomodasi lainnya yang terjangkau.

Dalam tulisan yang sama dijelaskan bahwa Sumba tak seramai Bali. Meski begitu, daya tarik Sumba kerap dibandingkan dengan Bali sebelum pariwisatanya booming.

Beberapa aktivitas menarik di Sumba yang disoroti CNT di antaranya menjelajahi pantai pasir putih sambil menunggang kuda, dan menyaksikan lumba-lumba. Aktivitas lainnya adalah mendaki melalui desa-desa di puncak bukit yang sangat dingin sambil menyaksikan megalit batu kuno, berenang di laguna kaca, serta menyaksikan pasola, yakni kompetisi lempar lembing kayu sambil menunggang kuda yang biasanya digelar tiap bulan Februari dan Maret.

India Terbanyak

Menurut situs resmi Kabupaten Sumba Barat, Pasola adalah tradisi perang adat antara dua kelompok penunggang kuda yang saling kejar sambil melempar lembing kayu ke arah lawan.  Masyarakat setempat sangat antusias mengikuti acara ini karena tak mau budaya mereka punah atau terkikis zaman.

Tak ada penyusunan peringkat dalam pemilihan rekomendasi tempat wisata terbaik versi CNT ini. Hanya saja, India jadi negara yang destinasi wisatanya paling banyak masuk dalam daftar dengan sembilan lokasi.

Berikut 30 rekomendasi destinasi wisata untuk dikunjungi di 2022, versi CNT:

India (Sikkim, Meghalaya, Odisha, Rajasthan, Goa, Sindhudurg Maharasthra, Kolkata West Bengal, Bhimtal Uttarakhand, Aymanam Kerala)

Sri Lanka

Serbia

Uzbekistan

Malta

Sisilia,

Italia

Gabon

Cape Verde

Rapa Nui, Chili

Kepulauan Baleares, Spanyol

Istanbul, Turki

Trøndelag, Norwegia

London, Inggris

Sumba, Indonesia

Singapura

Seoul, Korea Selatan

Oklahoma, Amerika Serikat

Mesir

Uni Emirat Arab

Jepang

Qatar

Bhutan.

Nihi Sumba

Nihi Sumba atau Nihi Sumba Island yang sebelumnya dikenal sebagai Nihiwatu pernah beberapa kali terpilih menjadi hotel terbaik dunia (World’s Best Awards) oleh majalah Travel + Leisure pada 2017. Arief Yahya yang saat itu menjabat sebagai Menteri Pariwisata ikut memberi selamat atas penghargaan membanggakan tersebut.

Menurut Arief, Nuhi Sumba dinilai sebagai tempat akomodasi yang artistik, natural, dengan kearifan lokal yang otentik. Hotel di kawasan yang eksotis ini juga sudah memerankan fungsi sebagai atraksi tersendiri.

Soal kenyamanan, Nihi Sumba dinilai ada di atas rata-rata. Di sana ada vila tiga kamar berbentuk rumah pohon. Letaknya di atas tebing. View Samudera Hindia bisa dilihat sangat indah dari titik itu. Selain itu, ada lebih dari 33 akomodasi vila dengan kolam renang pribadi serta pemandangan indah ke Pantai Nihi.

Nihi Sumba kerap jadi tempat liburan para selebritas Indonesia. Selain selebritas dalam negeri, pesona Nihi Sumba juga sudah menarik atensi para pesohor dunia. Beberapa nama yang kedapatan pernah menginap di sini adalah pasangan David dan Victoria Beckham, beserta anak-anak mereka, juga Jennifer Lawrence bersama sang suami, Cooke Maroney.


0 comments: