Tak Ingin Ketergantungan Dolar AS, Sri Mulyani Sebut LCS Mampu Dorong Pemulihan Ekonomi

Rabu, Februari 16, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

 


   Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai transaksi perdagangan dalam hubungan bilateral Indonesia dengan sejumlah negara menggunakan mata uang lokal atau Local Currency Settlement (LCS) penting dalam mendorong pemulihan ekonomi.

"Penggunaan LCS antar negara-negara ini sangat relevan dengan prioritas dalam agenda kita di finance track event untuk mendukung pemulihan keuangan," kata Sri Mulyani saat menjadi keynote speaker dalam forum G20 dengan tema Managing Risk of the Exit Policy Dynamics through More Diversified Currency to Support Global Trade and Investment, Rabu (16/2/2022).

"Bagi indonesia, inisiatif yang dilakukan saat ini antara Indonesia dan beberapa mitra bilateral, Malaysia, Thailand, Jepang, China untuk mengimplementasikan diversifikasi keuangan dan juga menggunakan LCS, untuk meningkatkan transaksi dengan mata uang setempat dan memmfasilitasi jumlah perdagangan."

Menurut Sri Mulyani target dari implementasi ini adalah untuk mengurangi ketergantungan besar pada satu mata uang, terutama US Dollar. Diharapkan ini mampu menciptakan stabilitas dan perdagangan antar negara-negara ASEAN.

"Saya mengapresiasi Bank Indonesia dalam upayanya untuk mendorong LCS ini sejak 2018 dan ini sudah jadi agenda global. Ini jadi agenda global antar negara-negara dalam mengurangi risiko shock economy global."

"Kita berharap mendapat dukungan dari macro ekonomi dan diperkuat dan dipertahankan bukan hanya dari masing-masing negara tapi juga global."

Sumber :Liputan6

0 comments: