Tak Mau Kalah dengan Indonesia, Filipina Ikut Buka Pintu untuk Turis

Kamis, Februari 03, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Rizal Park di Manila (Brigida Emi Lilia/d'Traveler)


Manila - Bali akan membuka pintu internasional pada hari Jumat besok (4/2). Negara tetangga Filipina pun tak ketinggalan.

Filipina akan memberikan izin masuk bagi pelancong yang sudah divaksinasi Covid-19 mulai 10 Februari. Langkah itu diambil pemerintah untuk kembali meningkatkan sektor pariwisata yang hancur akibat pandemi.

Negara kepulauan dengan lebih dari 7.000 pulau itu sebelumnya telah merencanakan untuk dibuka kembali pada Desember lalu. Namun, rencana itu dibatalkan karena penyebaran varian Omicron.


Negara kepulauan dengan lebih dari 7.000 pulau itu sebelumnya telah merencanakan untuk dibuka kembali pada Desember lalu. Namun, rencana itu dibatalkan karena penyebaran varian Omicron.

Menurut pengumuman yang disampaikan pemerintah pada Jumat, 29 Januari 2022, warga dari 150 negara yang memiliki izin masuk bebas visa ke Filipina akan diizinkan masuk.

"(Ini) akan memberikan kontribusi signifikan untuk pemulihan pekerjaan, terutama di komunitas yang bergantung pada pariwisata, dan dalam pembukaan kembali bisnis yang sebelumnya ditutup," kata Menteri Pariwisata Berna Romulo-Puyat dalam sebuah pernyataan seperti dikutip detikTravel dari Reuters, Kamis (3/2/2022).

Puyat juga mengatakan pemerintah akan menghapus persyaratan karantina untuk orang Filipina yang kembali mulai 1 Februari dan untuk turis asing mulai 10 Februari, tetapi mereka harus divaksinasi dan dites negatif Covid-19.

Filipina, yang populer dengan pantai pasir putih dan kehidupan lautnya, bergabung dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya yang membuka kembali turis untuk membantu pemulihan ekonomi mereka.

Kedatangan turis di Filipina yang didominasi Jepang, Korea Selatan dan Cina merosot 83 persen turun menjadi 1,4 juta kedatangan tahun lalu.


Sumber : detik.com

0 comments: