Tips Aman Konsumsi Obat-obatan saat Menyusui

Sabtu, Februari 05, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi ibu menyusui minum obat. Foto: MIA Studio/Shutterstock
ASI punya beragam manfaat yang sangat besar dan dapat meningkatkan antibodi si kecil. Namun, ibu menyusui harus memperhatikan asupannya karena semua yang dimakan juga akan dikonsumsi bayi lewat ASI.
Itu artinya, ibu menyusui juga perlu hati-hati jika harus mengonsumsi obat-obatan. Meskipun banyak obat yang aman digunakan saat menyusui, namun sebagian besar bisa berpengaruh pada ASI.
Jadi agar aman, tanyakan ke dokter sebelum mengonsumsi obat apa pun, baik suplemen herbal atau vitamin. Nah Moms, berikut adalah beberapa tips aman konsumsi obat-obatan saat menyusui.

Beberapa Tips Aman Konsumsi Obat-obatan saat Menyusui


Tips Aman Konsumsi Obat-obatan saat Menyusui. Foto: shutterstock
1. Minum obat jika diperlukan saja
American Academy of Pediatrics (AAP) mengungkapkan bahwa banyak obat yang memberikan efek samping pada bayi yang disusui. Oleh karena itu, minum obat hanya jika benar-benar diperlukan, dengan dosis serendah mungkin dan dalam waktu sesingkat mungkin.
2. Minum obat saat bayi akan tidur panjang
Bila memungkinkan, minum obat satu hari sekali saja, saat bayi sedang tidur panjang. Ini karena bayi tidak akan menyusu dalam beberapa jam ke depan. Jadi, misalnya minum obat di malam hari saat bayi akan tidur hingga pagi hari.

Ilustrasi ibu menyusui minum obat. Foto: Pixel-Shot/Shutterstock
3. Minum obat short-acting
Mengutip Healthy Children, lebih baik gunakan obat short-acting yang dapat hilang dengan cepat di tubuh. Obat short-acting ini paling baik diminum segera setelah sesi menyusui, sedangkan obat long-acting harus diminum tepat sebelum periode tidur terlama bayi. Jadi ketika obat short-acting diminum segera setelah sesi menyusui, ada kemungkinan sudah hilang dari sistem tubuh saat Anda kembali menyusui bayi di sesi berikutnya.
4. Pantau reaksi bayi
Saat minum obat apa pun, perhatikan baik-baik reaksi si kecil. Seperti kehilangan nafsu makan, diare, mengantuk, menangis berlebihan, muntah, atau ruam kulit. Jika timbul reaksi tersebut setelah Anda minum obat, maka segera hubungi dokter.
Oleh sebab itu, penting untuk memberi tahu dokter bahwa Anda sedang menyusui. Dengan begitu, dokter biasanya hanya akan meresepkan obat yang aman untuk dikonsumsi ibu menyusui.


Sumber : kumparan.com

0 comments: