Tips Awasi Anak Nonton Youtube

Selasa, Februari 22, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Anak nonton youtube. Foto: Thais Ceneviva/shutterstock
Youtube kini jadi salah satu media yang akrab anak anak. Tak sedikit pula anak-anak yang sangat menyukai bahkan hingga sering sekali nonton Youtube sehari-hari.
Jika sudah begini, anak bisa saja jadi ketagihan atau nonton tayangan yang tidak sesuai untuk usianya. Karena itu, orang tua perlu memberi pengawasan, Moms!
Coba ikuti beberapa tips dari kumparanMOM berikut ini:

1. Temani Anak saat Anak Nonton Youtube


Anak nonton youtube. Foto: Hafiez Razali/shutterstock
Coba tanyakan pada anak apa yang sedang ditontonnya kemudian bergabunglah dengannya. Dengan demikian, orang tua dapat mengawasi anak secara langsung sekaligus memberikan penjelasan tentang konten yang sedang ditontonnya.
Umumnya, anak-anak akan menonton channel tertentu atau sesuai dengan rekomendasi Youtube yang membuatnya merasa terhibur, bukan dengan sengaja mencari konten yang buruk, Moms.

2. Periksa Riwayat Tontonan Anak

Beberapa anak mungkin tidak ingin berbagi layarnya karena merasa kesenangannya akan terganggu, bukan karena ingin menyembunyikan sesuatu. Jika ini membuat orang tua khawatir, maka Anda bisa memeriksa riwayat tontonannya saat anak lengah misalnya ketika ia tidur, sekolah, atau bermain hal lainnya.
Bila si kecil begitu cerdas dengan menghapus riwayatnya, orang tua masih bisa mengetahui apa yang ditonton anak dengan melihat berbagai rekomendasi konten di halaman muka Youtube.

3. Gunakan Fitur Pengawasan Orang Tua

Berbagai aplikasi di smartphone termasuk Youtube sudah dilengkapi dengan fitur parental control atau pengawasan orang tua sehingga lebih aman untuk anak-anak. Dengan demikian, mereka hanya bisa menonton konten yang cocok dengan usianya.
Caranya mudah, kok! Cukup aktifkan fitur tersebut dan pilih beberapa channel hiburan dan edukasi untuk berlangganan yang bermanfaat bagi si kecil.

Sumber : kumparan.com

0 comments: