Travel Bubble MotoGP Mandalika Berlangsung Saat Tes dan Balapan

Kamis, Februari 03, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Setelah menggelar WSBK, Sirkuit Mandalika bakal menjadi tuan rumah ajang MotoGP. (ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI)

Demi menghindari penularan Covid-19, Mandalika Grand Prix Association (MGPA), memastikan para pembalap MotoGP yang akan mengaspal di Sirkuit Mandalika akan berada dalam travel bubble.

Wakil Direktur MGPA, Cahyadi Wanda, memastikan penerapan gelembung tersebut akan dilaksanakan pada saat tes pramusim 11-13 Februari dan pada saat balapan 18-20 Maret.

Setiba di Mandalika, para pembalap dan ofisial akan menjalani tes PCR dan harus berada di hotel hingga hasil keluar. Setelah itu para pembalap dan ofisial baru bisa menjalani aktivitas secara terbatas.


"Jadi, skemanya sejak mendarat, mereka [pembalap dan ofisial] sudah terpisah dengan masyarakat. Mereka akan berada dalam gelembung dan hanya akan bertemu dengan sesama panitia," kata Cahyadi.

"Namun [aktivitas] sangat terbatas, hanya hotel ke sirkuit dan sebaliknya. Jadi, mereka tidak akan bisa berjumpa dengan siapa pun kecuali yang ada dalam gelembung," sambungnya dikutip dari Antara.

Ketika dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (2/1) siang, Cahyadi menjelaskan para pembalap dan ofisial akan berdatangan sejak 7 Februari.

Selain mencegah penularan Covid-19, persiapan maksimal dalam pelaksanaan MotoGP Mandalika juga dilakukan dari sisi persiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan didukung Ikatan Motor Indonesia (IMI).

"Para senior IMI juga akan diturunkan ke lapangan agar kejadian-kejadian seperti di World Superbike (WSBK) tidak terulang," kata Wakil Ketua Umum Olahraga Sepeda Motor IMI, Sadikin Aksa.

"Tugas pertama kami adalah bagaimana mengasisteni peningkatan grade sirkuit. Jadi sebelum seri MotoGP, Sirkuit Mandalika sudah berstatus grade A. Tes pramusim pada 11-13 Februari mendatang juga dimanfaatkan untuk pelatihan marshal agar lebih siap saat balapan," tambahnya.

Sementara Ketua Umum IMI, Bambang Soesatyo, menganggap penyelenggaraan MotoGP Mandalika tahun ini sebagai pertaruhan setelah Indonesia terakhir menyelenggarakan balapan motor bergengsi pada 1997 di Sirkuit Sentul.



Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: