Unik dan Berani, 3 Tips dari Wani Kopi Agar Bisa Sukses Berbisnis

Kamis, Februari 17, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Salah satu produk Wani Kopi yang berani tampil beda dan unik. (Arsip Wani Kopi).

Jakarta, CNN Indonesia -- Tak dipungkiri akan selalu ada tren baru di tengah kehidupan masyarakat seiring perkembangan zaman. Tren berpakaian, gaya bahasa hingga tren bisnis akan selalu bermunculan.

Khusus bagi para pegiat bisnis, mereka harus bisa cerdas berinovasi dan mencari peluang dalam menghadapi setiap perubahan zaman. Dengan begitu, mereka selalu bisa menghadirkan produk atau layanan berbeda dari yang lainnya sehingga diminati banyak orang.

Itu yang dilakukan oleh Wani Kopi. Usaha kedai kopi asli Balikpapan, Kalimantan Timur yang didirikan pada tahun 2018 ini adalah pionir dalam menggagas konsep coffee on the go atau kopi cepat saji. Konsep tersebut berhasil memikat hati para konsumen di Balikpapan berkat kualitas kopi yang dihadirkannya.

Jo Ade, pendiri Wani Kopi, menuturkan bagaimana dia mulanya menjalankan bisnis kedai kopi ini. Menurutnya, Wani Kopi lahir dari sebuah gagasan keberanian dalam memulai bisnis. Keberanian itu terkandung dalam kata 'wani' pada nama Wani Kopi.


"Wani dalam bahasa Jawa memiliki arti 'berani'. Kata tersebut memiliki makna positif yang juga melambangkan keberanian yang dibutuhkan dalam memulai sebuah bisnis," jelas Jo yang mendirikan bisnisnya bersama rekannya William Wijaya.

Berawal hanya dengan dua pegawai sejak didirikan pada 2018, kini Wani Kopi telah sukses berkembang dan melebarkan sayap bisnisnya. Wani Kopi sukses membuka cabang di enam lokasi strategis yang tersebar di Balikpapan dan berhasil menciptakan lapangan pekerjaan bagi dua puluh lima pegawai.

Dengan konsep unik coffee on the go yang diusungnya, membuat Wani Kopi mudah diterima di hati masyarakat Balikpapan. Wani Kopi melakukan penjualan di sebuah kontainer besi kecil bernuansa modern yang biasanya digunakan untuk pengiriman barang.

Selain itu, berbagai lini produk minuman untuk segala kalangan, baik itu pecinta kopi maupun penikmat minuman non- kopi, juga makin membuat Wani Kopi semakin digemari masyarakat setempat.

"Menu utama kami yang paling laris, yaitu Kopi Origin, dilahirkan dari proses riset mendalam yang kami lakukan sebelum memulai bisnis ini," ujar Jo.

"Kami mendapatkan respon yang positif setelah mengirimkan kopi tersebut ke keluarga dan para kerabat terdekat, dan dari situ lah kami memberanikan diri untuk membuka Wani Kopi," tambah Jo.

Seperti bisnis pada umumnya, untuk mencapai kesuksesan, banyak tantangan yang telah dilalui Wani Kopi. Karena itu, Wani Kopi pun tak segan membagikan tips-tipsnya agar bisa sukses dalam berbisnis.

1. Berani Beda

Terkadang perasaan takut akan perbedaan sering muncul di benak seseorang yang ingin memulai bisnis. Ada rasa takut bahwa produknya tidak akan terjual karena masyarakat sudah senang dengan produk-produk mainstream.

Karena itu, memulai bisnis harus dilakukan dengan keberanian tampil beda agar produk yang diciptakan tidak berisiko menjadi mirip dengan bisnis yang sudah lebih dulu hadir di pasaran. Sebab, perbedaan atau keunikan dan tetap memprioritaskan kualitas suatu produk bisa menjadi key selling point dan membawa kesuksesan.

Walaupun tidak mudah untuk mendorong masyarakat untuk mencoba suatu hal baru, namun jika perbedaan yang diusung itu baik, maka cepat atau lambat produk yang dijual akan bisa diterima oleh masyarakat dan berdampak pada mulai terbentuknya pasar tersendiri.

2. Matangkan Perencanaan Sejak Awal

Setiap pemilik bisnis sudah pasti memikirkan keuntungan. Namun sebelum memikirkan keuntungan, pemilik bisnis juga harus lebih dulu memikirkan bagaimana bisa sukses mengatasi setiap masalah dan tantangan yang silih berganti.

Karena itu pemilik bisnis harus mematangkan perencanaan bisnisnya sejak awal sehingga usaha yang dilakoni dapat tetap berjalan dan bahkan bisa berkembang di tengah situasi sulit seperti masa pandemi sekalipun.

Perlu dipikirkan juga siapa pelanggan yang ingin dicapai, lokasi yang cocok untuk produk yang ditawarkan, inovasi menu berdasarkan kegemaran masyarakat, dan kisaran harga yang pas. Dengan perencanaan yang matang, proses mencari solusi untuk berkembang atau menghadapi suatu tantangan akan menjadi lebih efisien.

3. Terbuka Terhadap Perkembangan Zaman

Untuk mempertahankan eksistensi suatu bisnis, diperlukan sikap terbuka terhadap segala hal baru seiring perkembangan zaman, seperti kemajuan teknologi. Salah satu strategi yang diimplementasikan oleh Wani Kopi adalah menyediakan layanan pembayaran digital seperti ShopeePay.

Sistem pembayaran ShopeePay ini jauh lebih aman digunakan di masa pandemi karena metode pembayaran contactless dan lebih menarik bagi pelanggan berkat berbagai promo yang dihadirkan.

Selain itu, keterbukaan untuk beradaptasi dengan permintaan pelanggan juga dapat menjadi kunci untuk pertumbuhan suatu bisnis. Setelah mendapatkan masukkan dari pelanggan, Wani Kopi pun akhirnya membuka cabang dengan konsep yang berbeda dengan kedai yang pertama dibuka, di mana pelanggan dapat menikmati kopi di gerai-gerai baru tersebut.

Adapun Wani Kopi juga turut berpartisipasi dalam berbagai kampanye ShopeePay, salah satunya kampanye Cashback Terus yang berlangsung dari 14-27 Februari. Pelanggan Wani Kopi dapat menikmati berbagai menu yang ditawarkan dengan promo Cashback 80% jika membayar dengan metode pembayaran ShopeePay.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Wani Kopi, silakan kunjungi akun Instagram @kedaiwanikopi.


Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: