Unik, India Punya Tur yang Akan Ajak Turis Melihat dan Berburu Ular Berbisa

Selasa, Februari 22, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi India Foto: Shutetrstock

India merupakan negara yang memiliki kasus kematian, karena gigitan ular terbanyak di dunia. Bukan hanya kematian saja, masyarakat India juga banyak mengalami cedera permanen karena gigitan ular.

Meskipun demikian, hal itu tidak menjadi halangan untuk para turis datang ke India. Bahkan, masyarakat setempat justru memanfaatkan hewan berbisa ini menjadi sebuah bisnis yang bisa menarik minat para turis.
Dilansir The Travel, India memiliki tur panjang yang tidak biasa. Seharusnya tur ini akan menarik untuk para turis yang suka reptil dan hewan liar di tempat aslinya.
Ya, India punya tur ular. Di mana pada tur tersebut para turis akan diajak untuk melihat ular di suaka margasatwa dan taman nasional di wilayah Orissa.
Bukan hanya itu saja, tur ini juga menjelajahi berbagai macam ular dan satwa liar lainnya yang ada di hutan India.
Durasi dari tur ular bisa dibilang cukup panjang, karena akan memakan waktu 12 hari 11 malam.

Rute Perjalanan Tur Ular di India

Taman Nasional Simlipal di India. Foto: Aartwizard/Shutterstock
Tur ini akan dimulai dari Kota Bhubaneswar dan akan memakan waktu perjalanan sekitar 5-6 jam menuju Taman Nasional Simlipal. Sesampainya di taman nasional tersebut, turis akan dipersilakan untuk check-in penginapan.
Hutan di Taman Nasional Simlipal sebagian besar terdiri dari pohon Sal yang gugur dan dilintasi oleh 12 sungai, serta dipenuhi dengan beberapa air terjun yang mengesankan.
Keesokan harinya, para turis akan diajak naik kapal pesiar selama tiga jam menuju Bhitarkanika. Bhitarkanika adalah delta subur yang dikelilingi oleh sungai dan laut di Teluk Benggala.

Hutan Bhitarkanika di Orissa, India. Foto: Aartwizard/Shutterstock
Nantinya di Bhitarkanika, para turis diajak untuk berburu satwa liar seperti buaya, king kobra, ular sanca, babi hutan, sambar, rusa tutul, monyet Rhesus, dan banyak lagi.
Setelah selesai berburu satwa liar, para turis akan berangkat ke Chandabali dengan kapal pesiar untuk kembali ke Bhubaneswar dan menikmati hari bebas. Pada hari terakhir, nantinya akan diajak pergi ke Nandankanan untuk melihat hutan Chandaka dan kebun raya yang telah dinyatakan sebagai suaka.

Banyaknya Kasus Gigitan Ular Di India

Ilustrasi Ular King Cobra Foto: shutterstock
Melihat penjelasan tur di atas, mungkin banyak yang bertanya-tanya, bagaimana catatan kasus gigitan ular yang terjadi di India?
Dilansir BBC, selama 20 tahun terakhir diperkirakan ada 1,2 juta orang telah meninggal dunia karena gigitan ular. Ular yang paling sering menyebabkan kematian di India adalah ular berbisa russell, kraits, dan kobra.
Risiko rata-rata seseorang di India meninggal karena digigit ular sebelum mencapai usia 70 tahun adalah sekitar 1 dari 250, dan sebanyak 1 dari 100 di beberapa daerah berisiko tinggi.

Sumber : kumparan.com

0 comments: