10 Tips Memilih Mobil untuk Keluarga di 2022

Selasa, Maret 15, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Foto:Dok PT HPM

Mobil keluarga yang nyaman memudahkan kegiatan saat berpergian jarak jauh, mudik ke kampung halaman, atau sekadar berbelanja di mal.

Ternyata memang ada alasan mengapa mobil Sporty Utility Vehicle (SUV) 7-seater belakangan jadi favorit keluarga di Indonesia. Selain unggul di tampangnya yang sporty, velg besar serta ground clearance lebih tinggi, SUV 7-seater saat ini juga menawarkan kenyamanan serta teknologi canggih.

Nah, bagi konsumen yang ingin meminang mobil untuk keluarga, berikut adalah tips yang bisa jadi pertimbangan:

1. Kabin dan Bagasi

Tidak hanya bisa menampung 7-penumpang, kabin lega serta kapasitas bagasi mobil yang luas harus jadi pertimbangan. Terutama bagi mereka yang sering bepergian jarak jauh.

Bayangkan saat mudik ada 6 anggota keluarga ikut serta. Mulai dari orang tua hingga anak-anak. Kabin lega membuat penumpang nyaman, sementara bagasi luas memudahkan membawa banyak barang. Seperti All New BR-V yang memiliki kabin dan bagasi terluas di kelasnya.

2. Irit Bahan Bakar

Biaya bahan bakar jadi pos pengeluaran utama terkait operasional mobil keluarga. Kendaraan yang irit bahan bakar tentu bisa menghemat pengeluaran jangka panjang.

Dalam pengujian SINDONews, All New BR-V bisa menembus angka lebih dari 1:22 km/liter dalam perjalanan Jakarta-Solo lewat jalan tol. Tentu hasil ini irit sekali untuk ukuran SUV 7-penumpang.

 

Foto: dok PT HPM

3. Sistem Keamanan dan Keselamatan

Pastikan mobil pilihan Anda memiliki sistem keamanan dan keselamatan memadai. Tidak hanya fitur standar seperti sabuk pengaman di setiap tempat duduk, airbag, dan automatic door lock saja. Fitur-fitur seperti Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Assist (VSA), Side Airbags serta Parking Sensor jadi nilai plus.

4. Faktor Penunjang Kenyamanan

Fitur-fitur penunjang kenyamanan penting agar anggota keluarga—terutama orang tua dan anak-anak—tidak lekas lelah. Misalnya, AC double blower yang menghembuskan udara sejuk hingga penumpang belakang.

Fitur lainnya, seperti suspensi nyaman dan empuk, suasana kabin yang kedap, armrest atau sandaran tangan, power outlet di baris kedua, jumlah kompartemen penyimpanan benda-benda kecil pun penting. Seperti All New Honda BR-V yang memiliki 8 tempat botol air.

Lalu, kursi baris ketiganya dapat dilipat hingga 50/50 untuk memudahkan membawa lebih banyak barang

 

5. Sparepart dan Bengkel Resmi

Kemudahan mendapatkan suku cadang, harga suku cadang yang terjangkau, serta ketersediaan bengkel resmi yang dekat dari tempat tinggal harus diperhatikan.

Hal ini penting agar perawatan berkala mobil dapat dilakukan dengan mudah dan nyaman. Saat ini, PT Honda Prospect Motor (HPM) memiliki 156 dealer di seluruh Indonesia. Ketika membeli All New Honda BR-V, pengguna juga bisa mendapat gratis biaya perawatan berkala hingga 4 tahun/50.000 km.

6. Fitur Kekinian

Fitur canggih atau cutting edge di mobil penting bagi Anda yang tech savvy atau para penggemar teknologi. Misalnya, sistem audio video layar sentuh yang dilengkapi koneksi smartphone Apple Carplay atau Android Auto tentu akan sering dipakai.

Untuk penumpang, bisa tetap nyaman menggunakan ponsel di perjalanan lewat Power Outlet yang tersebar di area konsol depan, baris kedua, hingga baris ketiga yang dapat dihubungkan ke berbagai perangkat dengan daya hingga 12 V.

Pengguna juga bisa mengutilisasi kecanggihan Remote Engine Start untuk menghidupkan mesin kendaraan dan AC secara otomatis sebelum masuk ke dalam mobil. Atau, Walk-Away Auto Lock untuk mengunci pintu otomatis saat pengemudi telah berjalan minimal 2 meter atau lebih dari mobil.

7. Nilai Jual Kembali

Penting untuk memerhatikan nilai jual kembali mobil. Sebab, faktor ini jadi pertimbangan penting bagi konsumen sebelum membeli mobil. Silahkan cek untuk harga jual kembali mobil yang Anda incar dipasaran dengan cara membandingkannya dengan kompetitor sekelasnya.

8. Ground Clearance

Faktanya, masih banyak jalanan yang kualitasnya kurang baik di Indonesia. Dengan ground clearance tinggi, Anda lebih percaya diri melibas jalan bergelombang, berlubang, dan yang dipenuhi genangan air alias banjir.

9. Kapasitas Mesin dan Transmisi

Idealnya, kapasitas mesin untuk mobil keluarga 7-penumpang adalah 1.500 cc. Karena, Anda bisa tetap mendapatkan tenaga yang cukup.

All New Honda BR-V, misalnya, mengusung mesin 1.5L DOHC i-VTEC dengan tenaga terbesar di kelasnya. Yakni, 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 N.m pada 4.300 rpm yang membuatnya nyaman untuk melibas berbagai kondisi jalan. Tentu saja, jika ingin lebih nyaman direkomendasikan untuk memakai transmisi otomatis.

 

10. Desain dan Tampilan

Desain dan tampilan saat memilih mobil sangat tergantung dari selera. Tapi, salah satu alasan mengapa low-SUV 7-penumpang populer karena tampilannya yang gagah dan sporty, yang sangat disukai konsumen Indonesia.

Detail di eksterior seperti desain grill, penggunaan lampu LED, foglamp, serta Daytime Running Light bisa jadi pertimbangan. Velg ukuran besar juga jadi nilai plus bagi mereka yang ingin mobilnya terlihat agresif.

Nah, itu adalah 10 tips untuk memilih mobil keluarga di 2022.



Sumber : okezone.com

0 comments: