18 Ribu Kendaraan Luar Kota Masuk Bandung di Akhir Pekan, Terbanyak Kunjungi Lembang

Senin, Maret 28, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2022 03 27 549 2568497 18-ribu-kendaraan-luar-kota-masuk-bandung-di-akhir-pekan-terbanyak-kunjungi-lembang-rOqSOfkQ1J.jpg

BELASAN kendaraan luar kota memasuki Kota Bandung. Hingga Sabtu 26 Maret 2022 siang hari, PT Jasa Marga Tol Padaleunyi mencatat lebih dari 18.000 kendaraan luar kota masuk ke Bandung dengan tujuan berwisata.

Banyak kendaraan dari Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek) dan beberapa kota lain itu masuk ke Kota Bandung karena Pemkot dan Polrestabes Bandung tidak lagi menerapkan sistem ganjil genap di lima gerbang tol.

Warga Jabodetabek bebas masuk ke Kota Bandung tanpa khawatir disekat atau diputarbalik. Mereka ingin menikmati sejuknya Lembang di kawasan utara atau Ciwidey di selatan Bandung.

Supervisor Tol Collection PT Jasa Marga Tol Padaleunyi Dadang Badrutamam mengatakan, hingga Sabtu siang, belasan ribu kendaraan sudah memadati pintu keluar Tol Pasteur untuk menikmati libur akhir pekan menjelang Ramadhan.

"Kami PT Jasa Marga membuka sebelas loket untuk mengurai kepadatan di Tol Pasteur," kata Dadang Badrutamam.

infografis

Namun, kendaraan luar kota tetap mengular hingga 1 kilometer (km).

"Tidak ada ganjil genap di pintu tol membuat wisatawan dari luar Kota Bandung terus berdatangan hingga memadati area exit Tol Pasteur," ujarnya.

Jumlah kendaraan yang masuk ke Kota Bandung meningkat 20-30 persen dibandingkan pekan-pekan sebelumnya.

 

Diberitakan sebelumnya, sistem ganjil genap kendaraan setiap akhir pekan di lima gerbang tol Kota Bandung ditiadakan. Kebijakan peniadaan sistem ganjil genap ini diputuskan mengacu kepada situasi dan kondisi penyebaran Covid-19 yang melandai. Sebelumnya, Pemkot dan Polrestabes Bandung menerapkan sistem ganjil genap setiap akhir pekan di gerbang tol (GT) Pasteur, Pasirkoja, Kopo, Moch Toha, dan Buahbatu.

"Nihil (tidak ada). Ganjil genap akhir pekan ditiadakan," kata Kasatlantas Polrestabes Bandung AKBP Ariek Indra Sentanu saat dikonfirmasi.

Dia menyatakan, peniadaan kebijakan ganjil genap kendaraan berdasarkan rapat terbatas yang dilaksanakan oleh satgas penanganan Covid-19. Polrestabes Bandung melaksanakan kebijakan itu sesuai arahan Satgas Covid-19 Kota Bandung dan pimpinan.

Sementara itu, Kabid Keselamatan dan Ketertiban Transportasi Dishub Kota Bandung Asep Kuswara mengatakan penerapan ganjil genap kendaraan pada akhir pekan ini ditiadakan berdasarkan rapat yang telah dilaksanakan satgas Covid-19. Selain itu penutupan sejumlah ruas jalan pun ditiadakan.

"Ganjil genap pekan ini ditiadakan termasuk penutupan jalan," kata Asep Kuswara.

0 comments: