2 Destinasi Ini akan Dikunjungi Delegasi G20 saat City Tour di Solo

Selasa, Maret 29, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menyiapkan dua destinasi untuk city tour delegasi negara anggota G20 yang akan mengikuti pertemuan Trade, Investment, and Industry Working Group (TIIWG) di Solo, Selasa-Kamis (29-31/3/2022). Keduanya yakni Batik Danar Hadi dan Loji Gandrung.

Tersedia 19 booth UMKM binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo dan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Solo di Loji Gandrung. Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, menjelaskan city tour hanya dua lokasi, masing-masing Toko Batik Danar Hadi Solo dan Loji Gandrung.

Jadwalnya setelah makan siang. Pemkot Solo mempersiapkan produk UMKM Solo maupun UMKM kabupaten di Soloraya untuk bisa dibawa ke negara asal para perwakilan negara anggota G20.

“Dua titik itu saja lalu ke Pura Mangkunegaran untuk Gala Dinner. Ada titik-titik sudah ditentukan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Teman-teman hanya menyiapkan,” katanya saat ditemui Solopos.com di Megaland Hotel Solo, Senin (28/3/2022).

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo, Nugroho Joko Prastowo, menjelaskan dalam city tour nanti para delegasi G20 akan naik kereta uap atau sepur kluthuk Jaladara lalu berhenti di Toko Batik Danar Hadi Solo dan Loji Gandrung.

Produk UMKM

“Tujuannya memperkenalkan produk UMKM Solo sehingga dampak pertemuan G20 dirasakan masyarakat Solo khususnya masyarakat pelaku UMKM,” jelasnya.

Ia mengatakan sejumlah produk UMKM yang disiapkan berupa fashion batik, makanan, dan kerajinan. Sejumlah produk lain dari UMKM yang terlibat telah terpilih menjadi produk suvenir TIIWG pada pertemuan G20 Solo.

“Mereka punya produk lain banyak. Kalau itu menarik bagi delegasi, harapannya nanti ada transaksi. Kami bantu mengenalkan, promosi, marketing. Yang telah memberikan konfirmasi ada 40 delegasi luar negeri. Belum lagi yang domestik. Ini merupakan ajang promosi yang bagus,” jelasnya.

Menurut Nugroho, Kantor Perwakilan BI Solo menyiapkan produk UMKM yang pengemasannya baik dan memiliki sertifikat edar. Para delegasi dari merupakan warga asing sehingga produk UMKM yang terlibat siap ekspor.

Sumber : solopos

0 comments: