4 Destinasi Wisata yang Bisa Dikunjungi Usai Nonton MotoGP di Mandalika

Selasa, Maret 15, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Indonesia dengan bangga mengenalkan sirkuit Mandalika sebagai landasan untuk menggelar perhelatan MotoGP 2022. Sirkuit yang berlokasi di Lombok ini, bakal menjadi momen untuk menyaksikan para riders dunia unjuk gigi dalam turnamen tersebut. 

Hal itu patut dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk menyaksikan secara langsung gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika pada 11 - 13 Februari 2022. Saat ini, masyarakat bisa membeli tiket melalui platform yang bekerjasama dengan gelaran tersebut. 

Bicara Mandalika bukan hanya tentang sirkuit semata. Ada beberapa destinasi yang bisa dikunjungi usai menonton MotoGP 2022. Dilansir dari berbagai sumber, berikut destinasi yang bisa dikunjungi saat ke Mandalika.

Pantai Tanjung Bongo

Usai menonton Marquez di MotoGP, kamu bisa datang ke Pantai Tanjung Bongo di Lombok. Terletak di balik Bukit Merese, kamu bisa ke sana dengan menggunakan motor atau jalan kaki. 

Pantai tersebut dikenal memiliki pasir yang putih halus. Suasana yang sepi, makin membuat kamu nyaman menikmati deburan ombak di Pantai Tanjung Bongo.

Pantai Tanjung Aan

Jika Anda sudah bosan dengan pantai yang ramai dengan pengunjung, maka Anda harus mencoba mendatangi Pantai Tanjung Aan. Sama seperti Pantai Tangsi, Pantai Tanjung Aan juga memiliki keunikan tersendiri.

Di sebelah kiri, pasir pantai ini berbentuk halus dengan warna putih lembut. Saat Anda melangkah di bagian kiri pantai tersebut, sepintas seperti berjalan di hamparan gula bubuk. Manis dan lembut.

Dengan garis pantai sepanjang kurang lebih dua kilometer, Pantai Tanjung Aan cocok didatangi bagi Anda yang menyukai suasana pantai yang berbeda. Hal ini dikarenakan, pantai cantik ini dikelilingi oleh bukit yang tidak terlalu tinggi. Puas berenang, kenapa tidak mencoba mendaki bukit yang tidak terlalu terjal?

Laut biru nan jernih di pantai ini menggoda siapa pun untuk menjajal snorkeling atau hanya sekadar berenang. Ketinggian ombak yang hanya 200 meter dari bibir pantai, membuat tempat ini juga cocok bagi Anda yang suka berselancar.


Desa Sade

Di Lombok Tengah tepatnya di Pujut, terdapat suatu desa yang masyarakatnya masih memegang teguh adat istiadat Suku Sasak bernama Desa Sade. Jika berbagai daerah berkembang mengikuti perubahan zaman, Desa Sade memilih untuk tetap mempertahankan pola kehidupan yang diturunkan dari leluhur mereka.

pola hidup masyarakat Desa Sade cenderung homogen. Para lelaki bekerja sebagai petani, sedangkan perempuan bekerja membuat kain sasak.

Kain sasak diproduksi oleh para perempuan dengan menggunakan alat yang masih sederhana. Dalam satu hari mereka bisa membuat sehelai kain sasak. Kain yang diproduksi kemudian dijual di depan rumah-rumah mereka. Harga yang ditawarkan sangat bervariatif, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, sesuai dengan kerumitan pola dan benang yang digunakan.

Pantai Kuta Mandalika

Setelah itu ada Pantai Kuta Mandalika. Ingat, ini bukan Pantai Kuta di Bali, tetapi memiliki keindahan yang sama. Lokasinya tak jauh dari Sirkuit Mandalika.

Pantai ini cocok sekali kamu kunjungi usai menonton gelaran MotoGP 2022. Selain itu, pantai ini juga cocok buat kamu yang sudah foto-foto. Nah, itulah sederet destinasi wisata di sekitar Sirkuit Mandalika. Penuh dengan keindahan dan eksotis.  

Selain itu, pemerintah melalui Kemenpar terus melakukan berbagai strategi untuk mendukung pariwisata Indonesia kembali bangkit. Perlu diketahui, melalui Program Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia Tahun 2022.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan bahwa program KaTa Kreatif bertujuan untuk menggali, memanfaatkan, menumbuhkembangkan, mengelola, dan mengonversi kreativitas serta memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, seni, dan budaya untuk mengembangkan potensi lokal.

Melalui pengembangan KaTa Kreatif, ia berharap masyarakat dan pemerintah Kabupaten/Kota di Indonesia semakin inovatif, adaptif, dan kolaboratif dalam meningkatkan kinerja ekonomi kreatif demi memajukan kesejahteraan masyarakat.

“Karena dengan kolaborasi ini, kita terus berkomitmen dan konsisten melalui beberapa program yang tepat sasaran dan tepat waktu untuk membangkitkan ekonomi kreatif,” ujar Sandiaga.

Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia Tahun 2022 ini ditandai dengan dimulainya kegiatan Uji Petik Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I).

Dalam pengembangannya, Sandiaga juga akan mengawal program Bantuan Pemerintah (Banper) infrastruktur ekonomi kreatif, yang akan diberikan kepada komunitas/kelompok masyarakat, lembaga pemerintah, non-pemerintah, berupa pemberian bantuan pengembangan sarana dan prasarana infrastruktur.

Masih bingung memilih destinasi untuk bulan madu? Segera masukkan Wakatobi dalam wishlist pribadimu ya. Jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat demi kebaikan bersama. Follow akun Instagram @pesonaid_travel dan ikuti terus aktivitas Pesona Punya Kuis (PUKIS) untuk mendapatkan informasi terbaru dan rekomendasi destinasi wisata dan produk ekonomi kreatif #DiIndonesiaAja. 

Selama berwisata di tengah pandemi agar selalu tetap aman, nyaman dan sehat, jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan (Prokes) 6M yang terdiri dari memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas dan menghindari makan bersama.

 



Sumber : LIPUTAN6

0 comments: