4 Hewan Unik di Jabar 2022: Domba Mata Satu-Ikan Mas 'Raksasa'

Senin, Maret 14, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Foto: Istimewa/Tangkapan Layar

Bandung - Di awal tahun 2022 ini terdapat beberapa berita tentang hewan-hewan yang unik di Jawa Barat. Mulai dari ikan berkepala satu tapi memiliki badan dua, hingga domba bermata satu yang kerap dikaitkan warganet dengan sosok 'dajjal'.
Berikut rangkumannya

1. Ikan Badan Dua-Berkepala Satu
Seorang warga Garut Dodi Sopandi menemukan ikan yang aneh saat mancing di Ciparay, Bandung. Sebuah ikan mas berkepala satu namun berbadan dua berhasil didapatnya.

Dodi menemukan ikan aneh itu saat mancing dengan kawan-kawannya di salah satu sungai yang ada di daerah Ciparay, Kabupaten Bandung pada Selasa (8/2) lalu.


Seperti biasanya, Dodi bergegas dari rumahnya di kawasan Majalaya menyusuri sungai untuk mencari ikan. Namun, ada yang berbeda saat itu.

Setibanya di lokasi tersebut, Dodi mendapat sebuah ikan mas tak lazim. Tak seperti biasanya, ikan mas tersebut memiliki bentuk yang aneh.
Seorang warga Ciparay, Kabupaten Bandung, menemukan ikan berbentuk tak biasa. Ikan mas itu ditemukan dengan kondisi kepala satu namun badannya terlihat dua. Foto: Yuga Hassani/detikcom

Ikan memiliki badan ganda. Yang terlihat jelas, adalah sirip dan bagian yang terlihat ada dua. Salah satunya berada di bagian kiri badan ikan.

Tubuh ikan pun tampak lebih besar dari yang biasanya. Bagian perutnya terlihat menggelembung dan lebih besar.

"Beratnya sekitar 0,5 kilogram," kata Dodi.

Dodi mengatakan, tidak menyangka bisa mendapat ikan tersebut. Setelah berhasil ditangkap dengan menggunakan jaring, Dodi langsung membawanya pulang.

"Setelah dibawa pulang langsung saya simpan di kolam ikan milik saya," katanya.

2. Domba Bermata Satu
Kelahiran seekor domba bermata satu membuat geger warga Garut, Jawa Barat. Video aksi domba tersebut beredar di media sosial.

Video domba bermata satu itu diunggah oleh sejumlah akun TikTok, Facebook hingga YouTube pada Jumat (11/2) lalu. Video yang diunggah rata-rata hampir sama.

Seperti dilihat detikcom, Senin (14/2/2022) siang, dalam video berdurasi 16 detik yang tersebar, terlihat seekor domba kecil berwarna dominan putih dan hitam yang bermata satu.

Posisi matanya terlihat berada di tengah-tengah kepala. Lidah domba tersebut terlihat menjulur ke depan saat sejumlah orang di sekelilingnya memberi air.


Seekor anak domba bermata satu membuat geger warga Garut, Jawa Barat. Saat ini domba yang terlahir aneh itu sudah mati. Foto: Hakim Ghani

Belakangan diketahui, domba tersebut merupakan milik warga Garut. Pemiliknya adalah Fitri dan Yogi, warga Kecamatan Mekarmukti, Garut.

"Betul itu punya saudara saya. Fitri sama Ogi," kata Hendi, kerabat Fitri saat dikonfirmasi detikcom.

Hendi mengatakan domba tersebut lahir pada hari Jumat lalu. Indukannya melahirkan dua anak domba. Satu dalam kondisi normal, satu lagi bermata satu.

"Lahirnya hari Jumat siangan. Lahirnya dua anak domba. Satu normal, satu matanya satu," ungkap Hendi.
Namun, Hendi mengungkapkan domba yang terlahir aneh itu sudah mati. Domba itu mati pada Minggu (13/2/2022) kemarin.

"Betul, matinya kemarin, hari Minggu," kata Hendi.

Hendi menjelaskan, 'domba dajjal' itu lahir pada Jumat (11/2) lalu di rumah kerabatnya di kawasan Kecamatan Mekarmukti, Garut. Sejak saat lahir, domba tersebut dalam keadaan yang mengkhawatirkan.

Selain hanya memiliki mata satu, domba tersebut juga dalam keadaan yang rapuh. Selain itu, domba juga tidak memiliki hidung.

"Hidungnya enggak ada. Cuman ada mulut, telinga dua, mata satu dan tanduk satu," kata Hendi.

Sejak lahir juga pemilik agak kesulitan dalam merawat domba. Bahkan 'domba dajjal' itu hanya diberi pakan berupa susu sachet. "Cuman dikasih susu yang Rp 2 ribu-an dari warung," ungkap Hendi.

3. Ikan Mas Raksasa di Sukabumi
Ikan mas raksasa. Foto: Istimewa/Tangkapan Layar

Warga Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh digegerkan dengan temuan ikan mas raksasa . Ikan tersebut ditemukan Cecep alias Japrot (40) seorang warga Kampung Babakan Ciburial, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi saat memancing di Situ Kubang.

Saat ditemui detikJabar, Kamis (10/3/2022) ikan mas raksasa itu disimpan dalam kolam berukuran sekitar 2x2 meter. Ukurannya berkali-kali lipat lebih besar dari ikan mas yang ada berada di kolam yang sama.

Ikan mas raksasa tersebut memiliki warna kuning keemasan. Japrot bilang, usia ikan tersebut diperkirakan sekitar 4-5 tahun dan bisa hidup sampai 10 tahun.

"Beratnya hampir 15 kilogram ada lah. Masih bisa lebih besar dari sekarang," ujar Japrot di kediamannya.

Lebih lanjut, ikan mas raksasa itu merupakan jenis ikan blasteran antara ikan mas dan ikan koi. Terlihat dari sisik metalic yang memiliki warna kuning keemasan dan lebih terang.

Dia mengatakan, butuh waktu 25 menit untuk menangkap ikan mas raksasa itu. Dia pun mengaku senang bisa mendapatkan ikan tersebut.

"Iya enak strike. Waktu sampai dapet ikan ada sekitar 25 menitan lah sampe bisa keangkat ke daratan. Kemarin dibawa lari pake kantong ikan diisi air, ada jaraknya satu kilometer jalan gunung (jalan kaki)," pungkasnya.


4. Sapi Terbesar di Jawa Barat
Bruno, sapi yang disebut berbobot paling berat di Jawa Barat Foto: Istimewa/dok pribadi Rio

Setelah viral temuan ikan mas raksasa di Situ Kubang, Desa Cikujang, Kabupaten Sukabumi, kini ada juga sapi dengan bobot mencapai 1.350 kilogram atau 1,3 ton. Sapi jantan dengan warna legam itu diberi nama Bruno.

Rio (30) selaku pemilik mengatakan, saat ini Bruno baru berusia 3,5 tahun. Menurutnya, dengan berat tersebut, Bruno masuk sebagai sapi terbesar di Jawa Barat bahkan dapat bersaing secara nasional.

"Kita ngomongnya nasional lah. Kalau di nasional terberat ini sementara 1.350 (kilogram) karena kemarin itu 1,5 ton udah dipotong (sapinya)," kata Rio dalam sambungan telepon, Kamis (10/3/2022) sore.

Dia mengatakan, saat ini ada beberapa kandidat yang dapat mengisi posisi sebagai sapi terbesar se-nusantara. "Nah kandidat sekarang satu namanya Wisageni ada di Jawa Tengah, kedua yang saya monitor ada di Banten, ketiga itu ada di sini (Kota Sukabumi)," sambungnya.

Nampaknya Rio percaya diri dengan menyebut Bruno sebagai sapi terbesar di Jawa Barat. Pasalnya, baru dia seorang yang memiliki sapi besar dengan warna hitam.

"Kenapa saya bilang salah satu yang terbesar, apalagi dengan warna hitam. Saya pede (percaya diri) karena baru saya doang yang punya disini," imbuhnya.

Dia mengatakan, berat Bruno mencapai 1.350 kilogram lebih. Bruno sudah dipelihara kurang lebih satu tahun. Sebelum berpindah ke kandang yang ada di Kecamatan Lembusitu, Kota Sukabumi, berat Bruno baru mencapai 900 kilogram.

Bruno disebut jenis sapi campuran antara Simmental atau Swiss Fleckvieh dan Sapi Brangus. Sapi Brangus sendiri merupakan sapi persilangan dari sapi Angus dan sapi Brahman.

Pakan sapi Bruno sehari-hari terdiri dari ampas tahu, konsentrat dan lain-lain. Rio juga memberikan jamu-jamuan untuk menambah metabolisme Bruno.

"Makannya biasa ampas tahu, konsentrat terus brand makanan kuda baru ditambah singkong sama vitamin-vitamin setiap minggunya jamu-jamuan gitu," tuturnya.



Sumber : detik.com

0 comments: