4 Tips Atur Ruang Kerja di Rumah, Tidak Semua Harus Beli Baru

Sabtu, Maret 12, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Di satu sisi, work from home (WFH) bisa memangkas mobilitas ke kantor. Apa harus menyediakan ruang khusus buat bekerja? (iStockphoto/monkeybusinessimages)

Jakarta, CNN Indonesia -- Di satu sisi, work from home (WFH) bisa memangkas mobilitas ke kantor. Namun di sisi lain, kerja jadi susah fokus karena begitu banyak distraksi di rumah. Apa harus menyediakan ruang khusus buat bekerja?

"Workspace (ruang kerja) khusus itu enggak wajib, tapi [ruang kerja] yang nyaman itu wajib," kata Dimas Harry Priawan, CEO dan co-founder Dekoruma, dalam bincang kampanye #SatuSudutDulu Dekoruma, Kamis (10/3).


Dimas justru mendorong agar orang memanfaatkan sudut rumah yang sudah ada. Kemudian, berikut beberapa hal yang musti Anda perhatikan agar sudut untuk bekerja tetap nyaman tanpa menguras kantong.


1. Jangan sampai pengeluaran jebol

Mata selalu dimanjakan dengan unggahan foto ruang kerja estetik di media sosial. Rak tertata sedemikian rupa, meja kerja kondusif, plus pencahayaan yang memadai memang mendukung performa kerja. Namun Anda tidak perlu harus menghabiskan biaya besar untuk menata ruang kerja impian.

Dimas menyarankan untuk merencanakan kebutuhan dan budgetnya. Ini untuk menjaga agar tidak ada pengeluaran berlebihan.

2. Cek ukuran

Meja kerja besar memang bisa menampung barang maupun perlengkapan kerja. Namun apakah sudut atau ruangannya cukup? Dimas mengingatkan untuk mengecek ukuran ruang, baru memilih dan menentukan furniturnya.

3. Investasi kursi kerja ergonomis

Untuk satu atau dua jam pertama, bekerja di atas kasur atau sofa terasa bebas dan menyenangkan. Namun begitu memasuki jam-jam berikutnya hingga 8 jam kerja, punggung dan leher terasa sakit. Anda jelas memerlukan kursi yang memang didesain khusus untuk bekerja dan menopang tubuh dengan baik.

"Menurut saya, investasi di kursi yang nyaman itu penting. Meja kerja pakai meja makan enggak apa-apa daripada budget kebelah dua, jadi kursi dulu," imbuh Dimas.

4. Warna alam

Psikolog Indah Sundari menyarankan untuk meletakkan elemen-elemen warna yang menenangkan seperti warna kayu, coklat, abu-abu. Kemudian letakkan pot tanaman hias untuk memberikan kesegaran.

"Taruh sesuatu berwarna hijau di sekitar kita, surga kecil pun tercipta. Warna hijau memberikan dampak kesegaran, dampak positif," katanya.

Dengan mengatur ruang kerja, Anda bisa memperoleh dampak positif mulai dari situasi kerja kondusif, produktivitas baik dan suasana hati terjaga. Indah menambahkan, Anda tetap bisa positif meski pekerjaan begitu padat dan menguras energi, tetapi ruang kerja kondusif.



Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: