5 Fakta Unik Reykjavik, Ibu Kota Paling Utara di Dunia

Senin, Maret 28, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Reykjavik, ibu kota Islandia (roughguides.com)

PERNAHKAN kamu mengetahui apa ibu kota paling utara di dunia? ternyata 'gelar' tersebut jatuh kepada Reykjavik. Kota satu ini terletak di 64°08 Lintang Utara.

Sebagai ibu kota Islandia, populasi penduduk kota Reykjavik terbilang padat untuk sebuah negara yang terletak di kawasan lingkaran arktik. Reykjavik pun begitu mencuri hati para turis lantaran menjadi pusat pemerintahan Islandia, budaya maupun ekonomi.

Tak hanya itu saja, Reykjavik juga punya sederet fakta yang sayang untuk dilewatkan. Penasaran? simak terus sampai akhir ya.

1. Awal Terbentuk

Usia Reykjavik cukup tua yakni sudah ada sejak tahun 870 M. Kota ini didirikan oleh seseorang bernama Ingolfur Arnarson. Reykjavik sendiri diyakini sebagai pemukiman permanen pertama di Islandia.


2. Kota Metropolitan

Jumlah penduduk di kota Reykjavik mencapai 120.000 atau sekitar 60-70 persen dari total penduduk Islandia. Di dalam kota tersebut, terdapat 20 perusahaan besar , termasuk pula perusahaan internasional.

3. Salah Satu Ibu Kota Paling Dingin

Reykjavik bukan sekedar punya julukan ibu kota paling utara, namun juga ibu kota paling dingin. Terang saja, suhu rata-rata tertinggi hanya menginjak angka 14 derajat serta suhu terendahnya -2 derajat.

4. Aman

Islandia telah disebut oleh Global Peace Index sebagai negara paling aman di dunia selama bertahun-tahun. Sebagai ibu kota yang terletak di negara tersebut, otomatis Reykjavik pun patut menyandang gelar kota yang aman dengan tingkat kejahatan rendah.

 Ilustrasi

5. Bisa Melihat Indahnya Aurora Borealis

Siapa yang bermimpi bisa melihat indahnya cahaya aurora yang memancar di langit? rasanya kamu harus mengunjungi Reykjavik. Ibu kota paling utara ini menyuguhkan pemandangan aurora borealis atau aurora yang terjadi di Kutub Utara.

Kalau punya waktu dan uang yang cukup, akankah kamu memilih Reykjavik sebagai destinasi wisata demi melepas penat?


Sumber : okezone.com

0 comments: