5 Fobia Teraneh di Dunia, Salah Satunya Takut Melihat Bayangan Sendiri

Kamis, Maret 31, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi penderita fobia. Foto: Shutterstock
Fobia merupakan rasa takut yang berlebihan terhadap sesuatu. Penyakit ini kerap dialami beberapa orang lantaran mengalami trauma dan ketakutan yang luar biasa hingga membuat penderitanya tidak ingin merasakan atau melakukannya.
Menurut berbagai ilmu kedokteran, penyakit ini juga memiliki berbagai jenis. Mulai fobia biasa, unik, hingga tak masuk akal. Seperti halnya beberapa fobia aneh berikut.
Nomophobia
5 Fobia Teraneh di Dunia, Salah Satunya Takut Melihat Bayangan Sendiri (1)
Ilustrasi bermain HP. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Mengutip National Library Medicine, nomophobia merupakan penyakit yang membuat penderitanya mengalami kepanikan atau rasa takut berlebihan jika kehilangan ponsel. Penderita ini kerap mengalami kepanikan berlebih lantaran selalu cemas. Apalagi ketika lupa menaruh gadget, bahkan hilang.
Penderita ini tidak akan tenang atau berpikir jernih saat jauh dari ponsel, bahkan untuk sekadar mengingat posisi ponselnya. Oleh karenanya, orang tersebut akan membawa ponselnya ke mana pun. Selain itu, penderita nomophobia juga akan panik secara berlebihan jika tidak bisa menggunakan atau mengakses ponsel.
Chorophobia
5 Fobia Teraneh di Dunia, Salah Satunya Takut Melihat Bayangan Sendiri (2)
Ilustrasi menari. Foto: Pixabay.com
Mengutip CBC, chorophobia juga merupakan penyakit unik sekaligus aneh. Penderita ini akan ketakutan ketika melihat seseorang atau sekelompok orang menari.
Seseorang yang mengalami chorophobia dinilai tidak bisa mengontrol pikirannya hingga merasa sangat ketakutan. Mereka bisa sampai menangis jika melihat orang menari, baik di depan mata maupun di televisi.
Spectrophobia
5 Fobia Teraneh di Dunia, Salah Satunya Takut Melihat Bayangan Sendiri (3)
Ilustrasi bercermin. Foto: Dok. unsplash.com
Spectrophobia juga termasuk fobia unik yang dialami sejumlah orang. Penyakit ini membuat penderita takut melihat bayangannya sendiri melalui cermin. Bahkan, pantulan kaca juga membuat seseorang mengalami rasa takut yang sangat berlebihan.
Mengutip Medicinenet, orang yang mengalami spectrophobia ketakutan melihat bayangannya sendiri lantaran tidak percaya diri dengan bentuk tubuh, ketakutan melihat bayangan, hingga pernah mengalami hal mistis.
Tak jarang, penderita akan memilih menghindar melihat bayangan kaca. Sebab, mereka kerap gemetar, berkeringat, hingga berteriak, jika melihat bayangan dirinya atau pantulan kaca.
Anemophobia/Ancraophobia
5 Fobia Teraneh di Dunia, Salah Satunya Takut Melihat Bayangan Sendiri (4)
Ilustrasi badai. Foto: Shutterstock
Anemophobia atau sering disebut ancraophobia adalah penyakit yang membuat penderitanya ketakutan terhadap angin. Mengutip Verywellmind, fobia ini cenderung membuat seseorang tidak akan keluar dari rumah atau langsung masuk ke ruangan jika angin kencang alias tiba-tiba terjadi.

Penderita ini tidak bisa mengatasi rasa takut yang dialami hingga membuat diri mereka sangat was-was. Seseorang yang mengidap anemophobia/ancraophobia dapat disebabkan akibat masalah trauma yang dialami sebelumnya hingga mengalami rasa takut berlebihan.
Didaskaleinophobia
5 Fobia Teraneh di Dunia, Salah Satunya Takut Melihat Bayangan Sendiri (5)
Ilustrasi penderita fobia. Foto: Shutterstock
Didaskaleinophobia merupakan fobia unik yang biasanya kerap dialam anak-anak. Mereka yang mengalami fobia ini akan ketakutan ketika pergi ke sekolah. Bahkan, mereka sampai bersikeras tidak ingin bersekolah karena mengalami rasa takut berlebihan.
Penderita didaskaleinophobia cenderung menolak pergi ke sekolah karena pernah mengalami beberapa hal yang membuatnya ketakutan atau diasingkan. Entah itu kekerasan, penolakan dari sekolah, hingga tidak memiliki teman.
Itulah lima fobia unik di dunia. Adakah kamu mengalami satu di antaranya? (fre)

Sumber : kumparan.com

0 comments: